Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Garuda Gelar Uji Coba Komersial WiFi

11:23:51 | 09 Jul 2013
Garuda Gelar Uji Coba Komersial WiFi
Erik Meijer (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) akan menggelar uji coba komersial  layanan akses internet melalui Wifi di armada Boeing 777-300 ER untuk rute Jakarta–Jeddah mulai 9 Juli 2013.

"Insya Allah, jika tidak ada kendala, kita bisa gelar Wifi untuk penumpang B777-300 ER terbaru rute Jakarta–Jeddah. Pasalnya, Sabtu (6/7), dari Kemenkominfo sudah melakukan uji perangkat dan uji laik operasi (ULO)," ungkap Direktur Pemasaran Garuda Indonesia, Erik Meijer, kala dihubungi, Senin (8/7).

Diungkapkannya, uji coba akan digelar bagi penumpang di kelas utama (First Class) dan gratis.”Kita berikan untuk penumpang First Class agar mendapatkan pengalaman dari inflight connection Garuda,” katanya.  

Sebelumnya,   tim Kominfo  telah melakukan pengecekan terhadap fisik perangkat, pengukuran sinyal terhadap access point dan BTS pico seluler-nya di GSM 1800 dimana seluruh perangkat yang diuji telah berfungsi dengan baik.

Layanan berbasis wifi yang boleh digunakan antara lain adalah untuk browsing internet, social network, email dan instant messaging.

Garuda sendiri nantinya dalam penyelenggaraan layanan ini diposisikan sebagai pengguna karena tidak menyediakan jasa. Pasalnya, infrastruktur menggunakan milik TelkomGroup. Namun, Garuda tetap akan bertanggungjawab sebagai administrasi jika ada keluhan pengguna.
 
Sekadar catatan, Garuda memesan 10 unit armada Boeing 777-300ER ini untuk penerbangan jarak jauh non stop.Tahun ini akan datang 4 unit, tahun depan 3 unit, dan 2015 ada 3 unit.

Armada Boeing 777-300 ER memiliki kapasitas kursi sebanyak 314 penumpang dengan konfigurasi 8 kursi untuk first class, 38 kursi untuk business class dan 268 kursi untuk economy class.

Usai 19 Agustus pesawat ini akan melayani rute Tokyo pada 19 September nanti, setelah itu pada 15 november  akan melayani rute Sydney-Jakarta-London.
 
Sebelumnya, Direktur Layanan Garuda Indonesia Faik Fahmi mengatakan layanan akses WiFi akan diutamakan bagi penumpang di kelas utama, sementara bagi penumpang yang duduk di kelas ekonomi dipastikan membayar akses internet.

Garuda dikabarkan  menyiapkan  investasi sekitar  US$ 17,5 juta guna membeli perangkat teknologi telekomunikasi di pesawat. Alatnya sendiri diperkirakan seharga   US$ 250 ribu.

Pesaing Garuda,  Batik Air juga menyiapkan  senilai  US$ 3 juta sampai US$ 4 juta   untuk pengadaan WiFi di armadanya.Kedua maskapai ini menggandeng Telkom group sebagai operator telekomunikasinya.(id)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year