telkomsel halo

XL Harapkan Promo Single Code RBT Berlanjut

9:59:24 | 08 Jul 2013
XL Harapkan Promo Single Code RBT Berlanjut
Revie Sylviana Andriani Dewi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – PT XL Axiata Tbk (XL) mengharapkan program promosi satu kode akses (Single Code) untuk Ring Back Tone (RBT) dapat berlanjut kembali guna membangkitkan bisnis konten di Indonesia.

“Program promosi bersamanya sudah selesai pada Maret lalu. Tetapi kalau UMB *919# masih ada dan bisa diakses sampai sekarang,” ungkap GM Content & Application XL Axiata Revie Sylviana Andriani Dewi kepada IndoTelko, kemarin.

Sekadar diketahui, pada Desember 2012 lalu XL  dan Indosat  berkolaborasi bersama 12 label musik besar untuk membangkitkan kembali  RBT yang sempat anjlok 90% pendapatannya karena  unreg massal alias  "Black October" 2011 lalu.

Keduabelas label  musik yang diajak adalah   Universal Music Indonesia, Aquarius, Emotion, Warner Music Indonesia, Sony Music, Pelangi Music, Musica, Alfa Records, Virgo, Nagaswara, Trinity, dan Sani Music. Selain menawarkan single code RBT, kedua operator juga melakukan joint marketing baik dalam aktivitas above dan below the line.

Revie mengungkapkan,  sebelum adanya Unreg massal pada Oktober 2011 pelanggan RBT XL mencapai 9 juta. Namun setelah unreg massal Oktober 2011, pelanggan RBT XL menyusut 90% jadi 900 ribu. Saat kerjasama keduanya dimulai posisi jumla pelanggan di  3 juta.

RBT sendiri memberikan kontribusi 70% untuk total pendapatan value added services (VAS) XL yang sebelum Black October berkisar 7% dari total revenue perusahaan. Namun gara-gara RBT anjlok, revenue VAS XL juga ikut menyusut jadi 3% dengan kontribusi RBT tersisa 30%.

“Program kerjasama itu di XL mencapai target. Kami mendapatkan 6 juta pelanggan RBT sekarang,” katanya.

Diharapkannya, jika kerjasama dilanjutkan maka jumlah operator yang bergabung dalam single code bisa bertambah. “Kita masih terbuka untuk menggandeng selain Indosat. Tujuan single code ini untuk membangkitkan bisnis RBT. Makin banyak operator bergabung tentu akan bagus,” katanya.

Sekadar catatan, wacana single code RBT ini awalnya melibatkan  Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata. Namun, dalam eksekusi hanya melibatkan Indosat dan XL.

Sebelum Black October 2011 pelanggan RBT Indosat atau I-Ring mencapai 4 juta. Kala Unreg massal menyusut menjadi  400 ribu pelanggan. Indosat mengharapkan adanya genjotan promosi single code selama tiga bulan bisa mendapatkan 800 ribu pelanggan.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year