Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Produsen Komputer Disarankan Fokus ke Pasar Daerah

11:13:17 | 07 Jul 2013
Produsen Komputer Disarankan Fokus ke Pasar Daerah
Ilustrasi (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (Indotelko) – Produsen komputer disarankan untuk memberikan fokus ke pasar daerah karena pertumbuhan penjualan masih terjadi di area tersebut ketimbang di perkotaan.

“Data IDC Indonesia Quarterly City-Level PC Tracker menunjukkan minat yang tinggi dari para konsumen di kota-kota di luar pulau Jawa dan Bali terhadap computer ketimbang di Jakarta dan Jawa.  Pertumbuhan pasar komputer gabungannya mencapai 8% per tahun, sementara Jawa dan Bali mengalami penurunan sebesar 6%,” ungkap Analis pasar IDC Indonesia Deddie Sionader, kemarin.

Menurutnya, pasar komputer di Kalimantan dan Sumatera akan terus menunjukkan pertumbuhan yang stabil dan secara bertahap akan meningkat.

“Pasar komputer itu ada di Indonesia jika melihat  potensi di kota-kota kecil yang bisa dimanfaatkan para produsen komputer," jelas Manajer Riset Divisi Penelitian IDC Indonesia Wilhendra Akmam.

IDC sendiri dari risetnya mengungkapkan, pasar komputer di di Indonesia naik 4% dibandingkan kuartal IV 2012. Secara unit, pasar PC Indonesia di kuartal I mencapai 1,37 juta unit.   Namun, jika dibandingkan secara year on year (YoY),  pasar PC di kuartal I menurun 20%.
 
Pemicu dari terus menurunnya pamor komputer adalah ketidakstabilan nilai tukar  Rupiah serta prospek ekonomi di Tanah Air menyebabkan para produsen komputer harus menahan pengiriman. Penyebab lainnya konsumen lebih terpikat pada komputer tablet.  

Tingginya minat terhadap komputer tablet diyakini juga akan memukul  pengapalan mini notebook.  Di sisi lain, jaringan ritel penjualan PC juga turun, seiring dengan banyaknya ritel produk teknologi informasi (TI) yang mengubah portofolio stok produknya ke tablet low-cost dan smartphone karena perputaran penjualan produk lebih cepat.

Acer Tertekan
Dari riset IDC terlihat produsen komputer Acer terus kehilangan pangsa pasar pada kuartal pertama tahun ini. Pasar Acer digerus  oleh Asus dan Lenovo. Keduanya berhasil memanfaatkan strategi pemasaran dengan menerapkan harga yang memikat konsumen serta pemasaran yang agresif.

Realitanya, Acer menguasai  pangsa pasar komputer mencapai 23%. Sementara pangsa pasar Asus dan Lenovo masing-masing mencapai 19% dan 9%.Toshiba juga memiliki pangsa pasar sebesar Lenovo.
 
Produsen lain yang disoroti oleh IDC ialah HP dan Dell yang tengah berjuang untuk fokus dalam menggapai konsumen melalui pola distribusinya. Pangsa pasar HP mencapai 6% dan Dell 3%. Sementara kompetitor lokal, Axioo, 5%. Tanpa merinci nama perusahaannya, 26% pangsa pasar dimiliki oleh gabungan produsen komputer lain.

Acer sendiri telah menyatakan mulai melirik komputer tablet dengan   menargetkan meraih pangsa pasar 20% jika berhasil menjual sebanyak 600 ribu unit perangkat tersebut.(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year