Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Biar Beda, XL Tawarkan Stiker SMS Sambut Ramadan

10:10:58 | 05 Jul 2013
Biar Beda, XL Tawarkan Stiker SMS Sambut Ramadan
Peluncuran Stiker SMS (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA  (IndoTelko) –  PT XL Axiata Tbk (XL) mengambil langkah berbeda dengan para pesaingnya dalam menyambut datangnya Ramadan.

Jika Telkomsel dan Indosat membuat program pemasaran yang mendorong penggunaan SMS, suara, dan data yang dikemas dalam starter pack baru, XL tak memilih langkah tersebut.

Anak usaha Axiata ini tak mengubah penawaran dari kartu perdana XL-KU dan Bebas, tetapi hanya menambahkan fitur stiker SMS di dalamnya.

Stiker SMS ini adalah fitur yang memungkinkan pelanggan mengirimkan pesan lebih hidup berkat emoticon yang banyak digunakan di Instant Messaging. Saat ini ada 12 karakter dengan 1.000 stiker SMS yang tersedia.

Bagi pelanggan baru  XL Bebas dan XL-KU yang melakukan aktivasi nomor perdana sejak tanggal 25 Juni 2013 dapat menikmati layanan ini gratis selama 14 hari, satu hari setelah tanggal aktivasi kartu perdana.

Tarif Stiker SMS standar yang berlaku adalah Rp 100 untuk stiker-stiker yang akan dikirimkan dalam satu kali pengiriman, belum termasuk tarif SMS reguler.
Untuk mengirim Stiker SMS, pelanggan cukup mengirimkan SMS ke nomor tujuan dengan format X pesan. Nantinya, penerima pesan akan menerima pesan dalam bentuk gambar yang unik dan menarik. Pelanggan juga bisa memilih karakter Stiker SMS melalui menu *123*888*1#

Teknologi yang diusung oleh stiker SMS adalah berbasis Multimedia Messages Services (MMS) sehingga pengguna feature phone pun dapat menggunakannya.

“Kami tak mengubah penawaran dari XL-KU dan Bebas karena pelanggan yang minta seperti itu. Mereka bilang sudah bingung dan pusing dengan banyaknya penawaran seputar SMS dan suara yang ada. Tarif yang ditawarkan sekarang sudah murah, mereka butuh inovasi layanan,” jelas Senior VP Segment Management XL Tommy Watimena di Jakarta, kemarin.

Diungkapkannya, aksi perseroan menonjolkan stiker SMS dalam program Ramadan kali ini adalah karena melihat fenomena Instant Messaging terus tumbuh sementara pengguna feature phone masih besar.

“Realitanya, pengguna feature phone ini juga ingin menikmati instant messaging atau fitur yang ada di sana. Nah, dengan stiker SMS ini pengguna feature phone bisa berkirim pesan ala instant messaging,” katanya.

Diungkapkannya, saat ini ada sekitar 36-40 juta pengguna feature phone di jaringan XL, sementara smartphone sekitar 6-7 juta pelanggan. “Saat ini sudah ada sekitar 3%-5% pengguna feature phone yang menggunakan stiker SMS. Kita harapkan selama Ramadan ini bisa meningkat menjadi 10%-20%,” katanya.

Lebih lanjut diprediksinya, selama Ramadan penjualan kartu perdana akan naik 30%-40% dibandingkan hari-hari biasa sementara trafik akan naik 20%-30% dari normal sehari-harinya.

Saat ini XL sehari-hari melayani trafik percakapan hingga 600 juta menit, SMS sebanyak 750 juta SMS, dan data 185 terabytes.

"Biasanya kontribusi pendapatan Ramadan ini besar, bisa sampai 40%  ke total pendapatan setahun," ungkapnya.

Margin Besar
Hal yang menarik ditelisik dalam aksi XL menonjolkan stiker SMS ini adalah cerdik  mencari celah mencari keuntungan dari teknologi sederhana yakni MMS.

Mari simak hitungan sederhana berikut ini. Jika tarif MMS sekitar Rp 25 per kb, ditambah biaya platform dan konten, maka margin yang didapat XL dari satu stiker SMS lumayan menggiurkan yakni di kisaran Rp 25. Jika target pengguna tercapai, sehari saja dalam menjual stiker SMS uang segar mengalir sekitar Rp 100 juta.

Bahkan, meskipun pelanggan membeli seribu stiker, belum tentu semuanya terpakai, sehingga margin keuntungan tetap terjaga.

Kala hitungan sederhana ini disodorkan ke GM Content & Application XL Revie Sylviana, dikatakannya, tak bisa mengkalkulasi margin konten sesederhana itu.

“Tidak sesederhana itu hitungannya. Masukkan juga dong biaya pemasaran dan lainnya. Tetapi memang benar kami melihat celah yang selama ini tak disadari kompetitor,” kilahnya.
 
Revie mengharapkan,  selama Ramadan penjualan konten juga akan naik sebesar 20% hingga 30% dan peningkatan pendapatan konten juga di angka yang sama.
Pada tahun lalu, hanya dari  Value Added Services (VAS)  XL mendapatkan pendapatan  sekitar Rp  638,4 miliar. Akankah tahun ini berkah Ramadan mengiringi penjualan konten dari XL? Kita tunggu saja.(id)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
Bukalapak sekarang sudah untung