telkomsel halo

Indosat Siapkan Jaringan Hadapi Ramadan

9:40:31 | 03 Jul 2013
Indosat Siapkan Jaringan Hadapi Ramadan
Ilustrasi (DOK)
SOLO (IndoTelko) –  Indosat menyiapkan jaringannya menghadapi lonjakan trafik komunikasi selama Ramadan dan Lebaran 2013 melalui peningkatan kualitas dan kapasitas jaringan terutama di kota-kota tujuan mudik dan wisata Lebaran seperti Solo dan Jogjakarta.

Division Head Public Relations Adrian Prasanto dalam rilisnya menyatakan guna membuktikan kesiapan jaringan dilakukan  kegiatan uji jaringan (drive test)  di kedua kota tersebut.
 
“Komitmen kami untuk memastikan pelanggan tetap mendapatkan pengalaman penggunaan terbaik dan ketiadaan kendala selama berkomunikasi di masa-masa kenaikan trafik seperti saat Ramadan, Mudik dan Lebaran. Di tahun ini Indosat menggelar modernisasi jaringan yang mengedepankan adanya peningkatan kekuatan sinyal, jangkauan sinyal yang lebih luas, dan layanan data yang lebih baik,” katanya.

Diungkapkannya, mengantisipasi kenaikan trafik selama Ramadhan, Mudik dan Lebaran 2013, Indosat meningkatkan kapasitas seluruh layanan telekomunikasinya baik suara, sms, maupun data.

Untuk kapasitas trafik suara menjadi 1.080 juta menit/hari, untuk SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 1,45 milyar SMS/hari, sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 150 Terabyte/hari.

Secara nasional, hingga triwulan pertama 2013, Indosat melayani 55,9 juta pelanggan, dengan didukung total BTS yaitu 22.097.
Dalam aksi drive test, beberapa parameter yang diukur adalah tingkat keberhasilan dan tingkat kegagalan panggilan telepon, tingkat kesuksesan pengiriman SMS, serta kecepatan layanan data seperti saat melakukan browsing, video streaming, dan download.

Uji jaringan ini dilakukan secara mobile terus-menerus di sepanjang jalur Solo – Yogyakarta yang dimulai dari Bandara Adi Sumarmo, Solo yang menjadi salah satu lokasi sibuk saat musim mudik lebaran. Uji jaringan juga dilakukan sepanjang jalur utama Solo – Klaten – Yogyakarta yang juga melewati Candi Prambanan sebagai salah satu tujuan wisata di Jawa Tengah.

Dari uji jaringan ini, tingkat rata-rata keberhasilan menelpon adalah 98,4%, tingkat call drop 0,02 %, tingkat kesuksesan pengiriman SMS : 100% dengan rata-rata kecepatan pengiriman 5,3 detik.

Akses internet dilakukan secara bergerak (mobile) di wilayah Pakem, Kaliurang dimana Indosat telah melakukan Modernisasi BTS-nya, hasil rata-rata kecepatan yang dicapai adalah 2,5 Mbps, dan maksimal kecepatan mencapai 5,2 Mbps untuk  mobile  multiple streaming.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year