telkomsel halo

Transaksi CT Corpora-Telkom Rampung Minggu Kedua Juli

14:46:31 | 01 Jul 2013
Transaksi CT Corpora-Telkom Rampung Minggu Kedua Juli
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – Transaksi antara CT Corpora dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dalam menjalin kemitraan strategis untuk mengembangkan bisnis TV berbayar melalui TelkomVision  diperkirakan rampung pada minggu kedua Juli 2013.

“Kita akan buka semuanya pada minggu kedua Juli ini atau sekitar 11 Juli nanti soal penjualan saham TelkomVision ke CT Corpora. Kami perkirakan transaksi rampung di tanggal itu,” ungkap Direktur Utama Telkom Arief Yahya, akhir pekan lalu.

Diungkapkannya, Telkom belum bisa membuka persentase pelepasan saham dan nilai rupiah yang di dapat perseroan terkait aksi korporasi tersebut hingga semuanya rampung. “Ada Non Disclosure Agreement (NDA), itu harus dipatuhi. Nanti, setelah 11 Juli kita bicara lagi,” katanya.

Sebelumnya, beredar kabar Telkom  melepas 80% kepemilikannya di TelkomVision  ke CT Corpora dengan nilai US$ 100 juta. Valuasi korporasi TelkomVision sendiri sekitar US$ 200 juta beserta utang yang dimilikinya.

Hingga akhir 2012, pendapatan Telkomvison mencapai Rp 405 miliar atau naik 56% dari akhir 2011 Rp 259 miliar. Namun, Margin laba sebelum biaya bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) dari TelkomVision selama periode 2010-2012 berada di posisi   20% atau lebih rendah ketimbang industri yang sebesar 35%.

Lembaga pemeringkat  Moody’s   menyakini   kemitraan yang dijalin Telkom dan CT Corpora akan mengubah permainan dalam industri televisi berbayar di Indonesia.

Menurut Moody’s aksi mencari  mitra yang kuat di bisnis konten  merupakan langkah strategis yang positif bagi Telkom, karena dengan kemitraan ini Telkom Group mampu meng-unlock value dari bisnis televisi berbayar yang dimilikinya, yakni Telkom Vision.
 
Sebagai penyedia infrastruktur, Telkom akan mampu memanfaatkan keunggulan infrastrukturnya untuk menumbuhkan Telkom Vision.Sebaliknya CT Group sebagai penyedia konten akan mampu memanfaatkan keunggulannya untuk bersama-sama mengembangkan Telkom Vision.

Kombinasi konten dari CT Group dan infrastruktur jaringan Telkom, ditambah kemampuan Telkom melakukan cross sell dan produk bundling antara layanan televisi berbayar, fixed phone, dan mobile phone, akan menjadi kunci keunggulannya dibanding pemain televisi berbayar lainnya.

Menurut Moody’s, dengan adanya kemitraan strategis tersebut, Telkom Vision dipercaya akan mampu tumbuh lebih cepat dan memperoleh market share lebih besar.(ct)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year