telkomsel halo

2020, Kontribusi Seluler bagi PDB Asia Pasifik US$ 2,3 triliun

10:13:29 | 29 Jun 2013
2020, Kontribusi Seluler bagi PDB Asia Pasifik US$ 2,3 triliun
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – Asosiasi GSM dunia (GSMA) memperkirakan pada 2020 nanti kontribusi bisnis seluler bagi Produk Domestik Bruto (PDB) di kawasan Asia Pasifik akan mencapai US$ 2,3 triliun.

“Sedangkan dari public funding bisa mencapai US$ 200 miliar. Ini berkat dimanfaatkannya frekuensi secara optimal dan regulasi yang dikeluarkan fokus mendorong investasi baru,” ungkap  Direktur GSMA Anne Bouverot seperti dikutip Cellular-News, belum lama ini.

Diungkapkannya, pada 2012 lalu berkat penetrasi yang terus tumbuh dan masifnya investasi mobile broadband menjadikan sumbangan bisnis ini bagi kawasan Asia Pasifik di kisaran US$ 80 miliar dengan public funding US$ 100 miliar.

“Pada 2012 investasi di bisnis seluler mencapai  US$ 80 miliar dengan jumlah pelanggan sekitar 1,5 miliar. Pada 2017 diperkirakan ada 1,9 miliar pengguna, sedangkan secara global ada 3,9 miliar ,”ungkapnya.

Diharapkannya, regulator telekomunikasi di kawasan Asia Pasifik terus mendorong pertumbuhan bisnis seluler dengan merancang aturan jangka panjang yang mengoptimalkan teknologi nirkabel dan memberikan insentif seperti keringanan pajak.   

“Tantangan lain dalam mengembangkan bisnis seluler adalah kepastian dari ketersediaan frekuensi untuk bisa menggunakan teknologi baru  Regulator Asia Pasifik dalam mengambil keputusan terkait harmonisasi frekuensi sebaiknya mengacu pada International Telecommunication Union (ITU) dan  Asia Pacific Telecommunity (APT) band plan terutama untuk spektrum  700 MHz,” katanya.(ss)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year