telkomsel halo

SK Telecom Implementasi LTE Advanced

12:20:00 | 26 Jun 2013
SK Telecom Implementasi LTE Advanced
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – SK Telecom mengumumkan telah mengimplementasikan teknologi Long Term Evolution Advanced (LTE-A) di jaringannya.

Aksi SK Telecom ini bersamaan dengan maraknya kabar tentang  smartphone Samsung Galaxy S 4 yang juga telah mendukung teknologi  LTE-A.

Dikutip dari Endgadget (26/6), SK Telecom berharap perangkat yang mendukung LTE-A dengan kecepatan akses data  150Mbps banyak tersedia hingga akhir tahun ini.

SK Telecom dalam implementasi LTE-A menggunakan inovasi  Carrier Aggregation dan teknologi  koordinasi Multi Point untuk meningkatkan kecepatn akes datanya. Pada 2014, perseroan akan menambahkan Inter-Cell Interference Coordination agar lebih maksimal kecepatannya.

Guna mengoptimalkan teknologi terbaru itu, SK Telecom menawarkan paket video streaming 1080p bagi produk  Internet Protocol TV (IPTV)SK Telecom  Btv  pada Juli ini. Saat ini teknologi LTE-A telah menjangkau seluruh kota Seou dan akan berlanjut ke 84 kota lainnya.

Sekadar catatan,  LTE-A diprediksi akan digunakan 500 juta orang pada 2018 dimana angka tersebut merepresentasikan 34% dari total 1,47 miliar pengguna LTE.
 
LTE-A diyakini akan memberikan  Carrier Aggregation (CA) dimana operator bisa mengkombinasikan frekuensi yang digunakannya sehingga sumber daya alam terbatas yang tak terutilisasi bisa dimanfaatkan.

Saat ini frekuensi yang banyak digunakan untuk LTE ada di  700 MHz, 1800 MHz  dan 2.6 GHz. Frekuensi lainnya yang mulai dilirik  adalah  1700-2100 MHz yang mulai digunakan di wilayah Amerika.(ss)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year