Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Telkom Andalkan T-Bank untuk Branchless Banking

13:45:13 | 24 Jun 2013
Telkom Andalkan T-Bank untuk Branchless Banking
Muhammad Awaluddin (kedua kiri) (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) — PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mengandalkan produk T-Bank untuk menggarap potensi layanan branchless banking yang akan menjadi  tren di masa depan.

“Kami bersama BRI tengah melakukan uji coba layanan T-Bank ini dalam rangka  mendukung program Financial Inclusion yang bertujuan  menyediakan akses jasa keuangan yang mudah dan murah bagi unbankable people,” ungkap Direktur Enterprise and Wholesale Telkom, Muhammad Awaluddin kepada IndoTelko, kemarin.

Dijelaskannya, sistem financial inclusion dimaksud merupakan sistem penyediaan transaksi keuangan berbasis e-Money Server Based menggunakan Mobile Number (no HP) sebagai Account Number (nomor Rekening) dengan nama "T-Bank" serta perluasan layanan tanpa ke bank menggunakan konsep keagenan (agent based). Jenis layanan dari financial inclusion ini juga beragam meliputi e-Money, Payments, Purchasing, Funding dan Lending.

Dalam kerjasama ini, Telkom menyiapkan infrastruktur teknis mulai dari sistem hingga aplikasi, yang nantinya akan ikut mendukung segala kebutuhan BRI.  

Dalam rangka uji coba Branchless Banking,  implementasi Uji Coba Live T-Bank dilaksanakan di 2 Kota Kecamatan di 2 propinsi yang berbeda, meliputi Kota Kec Banyuwangi di 8 Lokasi Agen dan Kec Gombong di 4 lokasi Agen.
 
Fasilitas yang terdapat di agen tersebut diantaranya transaksi registrasi, transaksi penyetoran, transaksi penarikan tunai T-Bank dan beberapa transaksi lainnya. Agen-agen tersebut adalah nasabah individual Kupedes BRI, mitra payment point BRI dan Plasa Telkom sebagai agen Bank dalam rangka wujud dari sinergi BUMN.
 
Menurut Awaluddin, secara harfiah  T-Bank sendiri bisa diartikan sebagai produk yang bisa mengantarkan penggunanya untuk menikmati layanan perbankan tanpa perlu jadi nasabah bank atau tanpa perlu pergi ke Bank.

Caranya cukup simple, hanya butuh ponsel biasa, tidak harus smart phone, dengan menggunakan aplikasi USSD (Unstructured Supplementary Service Data) teknologi seluler GSM atau yang biasa dikenal sebagai "Layanan Bintang Pagar". Caranya : tekan *212#, tekan call, maka akan muncul menu: (1). Registrasi, (2). Info saldo, (3). Pesan kode akses (untuk pengambilan di Agen atau di ATM Bank BRI), (4). Ubah PIN, (5). Transfer antar nomor handphone, (6). Informasi produk dan promo lainnya.

Sesuai ketentuan Bank Indonesia saldo maksimal rekening T-Bank yang diregistrasi melalui ponsel sebesar Rp 1 juta, sedangkan yang diregistrasi melalui agen sebesar Rp 5 juta. Masa uji coba dari layanan ini akan berlaku mulai Juni – November 2013.

"BRI adalah mitra perbankan kami yang pertama untuk layanan berbasis branchless banking. Selanjutnya Telkom berniat mengimplementasikan layanan T-Bank ini untuk agen-agen Telkom yang sudah bergabung dalam program Indonesia Digital Finance (IndiFinance) dan perbankan lainnya yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (Himbara)" katanya.

Sekadar catatan, Telkom  menargetkan 100 ribu electronic delivery financial agent dalam program IndiFinance di 2013 ini.  Perseroan menginvestasikan dana sebesar  Rp 30 miliar untuk mengembangkan layanan microfinance yang lebih terkonsolidasi antar anak usaha.Sedangkan target omzet pada tahun ini sekitar Rp 300 miliar dari program  tersebut.(id)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year