Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Transformasi Alcatel-Lucent Andalkan The Shift Plan

10:31:54 | 22 Jun 2013
Transformasi Alcatel-Lucent Andalkan The Shift Plan
Ilustrasi (DOK)
Angkasa Pura 2
PARIS (IndoTelko) – Alcatel-Lucent mengandalkan rancangan tiga tahunan yang dibungkus dengan nama  The Shift Plan  untuk memposisikan kembali Perusahaan sebagai spesialis penyedia IP Networking dan Akses Ultra-Broadband, perangkat dan layanan bernilai tinggi yang berada di jantung  jaringan operator di masa depan.

CEO Alcatel-Lucent Michel Combes mengatakan  The Shift Plan akan menggerakkan rangkaian lengkap aset-aset dan sumber-sumber Alcatel-Lucent untuk tercapainya pergeseran yang menentukan pada fokus industri Grup, yang akan membuat Perusahaan mempusatkan konsentrasi pada prioritas-prioritas dari pelanggan telekomunikasinya di saat mereka menggelar jaringan generasi berikut dalam rangka mengatasi ledakan pertumbuhan lalu lintas data yang lapar bandwidth.

“Perseroan akan fokus pada segmen-segmen bisnis yang berkembang dengan cepat yakni IP Networking, teknologi cloud dan Akses Ultra-Broadband  yang berorientasi pada akuntabilitas P&L (profit-and-loss) dan kas,” katanya dalam rilis yang diterima redaksi.
 
The Shift Plan akan memanfaatkan aset-aset inovasi Alcatel-Lucent yang diakui, khususnya laboratorium penelitiannya, Bell Labs, sambil terus memperlengkap Perusahaan dengan sarana-sarana yang tepat untuk memenuhi ambisinya.

Komponen-komponen utama The Shift Plan adalah:
Memfokuskan kembali pengeluaran Litbang Grup untuk IP Networking dan Akses Ultra-Broadband dengan penekanan lebih pada pengembangan bersama dengan pelanggan-pelanggan dan rekanan-rekanan besar, sambil di saat yang sama menurunkan secara signifikan pengeluaran pada teknologi warisan

Target penurunan sebesar 1 miliar Euro pada struktur biaya tetap Grup yang dikonsentrasikan pada langkah-langkah untuk menurunkan pengeluaran sales, umum dan administrasi (SG&A), fokus ulang Litbang dan meningkatkan efisiensi operasi.

Penjualan aset secara selektif yang dimaksudkan untuk mendatangkan pemasukan paling tidak sebesar Euro 1 milyar pada periode rancangan ini

Memprofil-ulang utang Perusahaan senilai 2 miliar Euro.Ketika Perusahaan telah nyata-nyata menunjukkan kesuksesan pelaksanaan The Shift Plan, dapat dipastikan sebuah pengurangan utang sebesar 2 miliar Euro  akan terjadi pada kesinambungan finansial jangka panjang.

"Pada dasarnya The Shift Plan adalah sebuah rancangan industri untuk menghadapi tantangan-tantangan finansial dan operasional Grup dengan menempatkan sebuah tim yang memiliki kepemimpinan kuat dan sangat bertanggung jawab, tujuan-tujuan yang jelas dan alat kerja yang tepat untuk mewujudkan tujuan-tujuan ini dan komitmen-komitmen kami terhadap seluruh pemegang saham,” katanya.

Kondisi Keuangan
Ditargetkannya,  untuk tiga tahun ke depan kami mentargetkan penghematan biaya tetap sebesar Euro 1 milyar, dan menentukan dan menjadwalkan dengan hati-hati penjualan aset yang diharapkan dapat menghasilkan dana tambahan paling tidak sebesar 1 miliar Euro.

Di bawah The Shift Plan, Alcatel-Lucent merencanakan untuk meningkatkan pendapatan dari Core Networking hingga lebih dari 15% dari  6,1 miliar Euro di tahun 2012 menjadi 7 miliar Euro di tahun 2015, sambil menaikkan marjin operasi segmen ini dari 2.4% di tahun 2012 menjadi lebih dari 12.5% di tahun 2015.

Selama periode tersebut, sebuah fokus strategis pada pengelolaan kas di bisnis nirkabel, akses tetap dan bisnis lainnya  dengan penekanan pada investasi di 4G LTE, vectoring dan sistem akses berbasis serat optik seraya menurunkan pengeluaran Litbang secara signifikan untuk teknologi-teknologi warisan bisa diharapkan terjadinya arus kas operasi positif sebesar lebih dari 250 juta Euro di tahun 2015.

Menyusul didirikannya profit center  untuk portfolio kekayaan intelektual Alcatel-Lucent, Perusahaan juga merencanakan untuk mengadopsi pendekatan kewirausahaan untuk lisensi dalam rangka pengembangan sebuah aliran pendapatan yang solid dari perpustakaannya yang terdiri dari lebih dari 30.000 paten dan 16.000 aplikasi.

“Kami optimistis dengan rancangan yang jelas dan fokus ini Alcatel-Lucent menjadi perusahaan yang terus besar di masa depan,” tegasnya.(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year