telkomsel halo

WhatsApp akan Senasib dengan Viber di Arab Saudi

9:34:41 | 17 Jun 2013
WhatsApp akan Senasib dengan Viber di Arab Saudi
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – Komisi Komunikasi dan Informasi Teknologi Arab Saudi atau The Communications and Information Technology Commission (CITC) melanjutkan ancamannya kepada para pemain Over The Top (OTT) asing yang tak mematuhi aturan di negaranya.

Setelah pada awal Juni 2013 layanan Voice Over Internet Protocol (VoIP) milik Viber diblokir, maka tak lama lagi Instant Messaging, WhatsApp, sepertinya akan mengalami nasib yang sama.

Dikuti dari Cellular-News (16/6), WhatsApp akan diblokir operasionalnya dalam beberapa minggu lagi atau menjelang masuk bulan Ramadan, jika tidak memasang server lokal yang memungkinkan lalu lintas pesan dipantau. Permintaan semacam ini juga dilayangkan ke  Twitter, WhatsApp dan Skype.

Pada 2010 lalu, CITC juga pernah memerintahkan operator  memblokir layanan  BlackBerry messenger  dengan alasan yang sama.  

"Kami telah berkomunikasi dengan WhatsApp  dan pemain lainnya untuk mematuhi aturan yang ada di Arab Saudi. Sampai saat ini tak ada hasil positif. Sepertinya jelang Ramadan akan kita blokir,”  kata Gubernur CITC Abdullah Al-Darrab.

WhatsApp  adalah aplikasi pesan instan populer yang bisa dipakai secara lintas platform oleh pengguna berbagai perangkat mobile. Jumlah pesan yang dikirmkan sekitar 200 juta pengguna aktif bulanan mencapai  mencapai 27 miliar pesan.(ss)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year