telkomsel halo

Belanja Modal Telkomsel Telah Terserap 30%

9:38:16 | 13 Jun 2013
Belanja Modal Telkomsel Telah Terserap 30%
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – Telkomsel telah membelanjakan sekitar sepertiga dari total belanja modal Rp 10 triliun untuk ekspansi jaringan hingga Mei 2013.

“Kita sudah belanjakan sekitar Rp 3 triliun untuk pengembangan jaringan. Paling banyak membangun BTS baru sekitar 6 ribu site,” ungkap  Direktur Utama Telkomsel Alex J Sinaga, di Jakarta, kemarin.

Diungkapkannya, pada tahun ini perseroan berencana  membangun 15 ribu BTS dimana 70% adalah radio 3G. “Kita sangat terbatu mendapatkan blok ketiga di 3G. Ini menjadikan biaya investasi dapat ditekan karena adanya tambahan frekuensi. Efisiensinya mencapai 25%,” ungkapnya.

Lebih lanjut Pria yang akrab disapa AJS ini mengatakan, dalam ekspansi jaringan Telkomsel akan terus melebarkan sayap ke Kawasan Timur Indonesia dimana penduduknya menyebar dan punya skala keekonomian yang bagus.

“Hingga  Mei lalu pelanggan baru yang didapat sebanyak 2,2 juta sehingga posisi pengguna di jaringan di kisaran 122,2 juta nomor. Tahun ini kita bidik 136 juta pelanggan karena itu jangkauan ditambah ke  Sulawesi, Ternate dan kawasan Timur lainnya dimana penduduknya tidak sebesar Jawa, tetapi tersebar dan layak secara ekonomi," jelasnya.

Sekadar catatan, Telkomsel pada kuartal IV-2012 memiliki 125.146 juta pelanggan menjadi 120.611 juta pelanggan di triwulan pertama 2013 alias kehilangan sekitar 4,5 juta pelanggan.

Direktur Jaringan Telkomsel Abdus Somad Arief menambahkan, dalam memanfaatkan tambahan blok ketiga 3G, perseroan akan melihat di lokasi yang trafiknya tinggi.

“Kita tempati setelah mendapatkan persetujuan regulator. Kita prediksi untuk Jakarta itu blok ketiga akan bersih dari pemilik lama beberapa minggu sebelum Lebaran, setelah itu bisa ditempati. Jakarta ini salah satu trafik yang tinggi datanya,” katanya.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year