telkomsel halo

XL Modernisasi Jaringan di Jawa Timur

16:04:11 | 30 May 2013
XL Modernisasi Jaringan di Jawa Timur
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – PT XL Axiata Tbk (XL)  melakukan modernisasi jaringan guna menambah kapasitas sehingga mampu meningkatkan kualitas semua jenis layanan, baik voice, SMS, dan terutama untuk menopang kualitas layanan data di Jawa Timur.

Vice President XL East Region  Titus Dondi mengatakan modernisasi jaringan dilakukan   mengingat kebutuhan pelanggan atas layanan XL yang terus meningkat untuk semua jenis layanan.

“Proses serupa sudah XL lakukan di sebagian area lain, baik di Jawa maupun pulau lain, seperti Sumatera. Modernisasi ini sekaligus sebagai antisipasi kami akan terus meningkatkan akses pelanggan pada layanan data di mana pelanggan membutuhkan baik kecepatan maupun sinyal yang stabil,” katanya.

Dijelaskannya, proses modernisasi  akan dimulai dari Surabaya kemudian berlanjut ke seluruh kabupaten dan kecamatan yang ada di Jawa Timur.

Proses ini berlangsung mulai 29 Mei hingga akhir Oktober 2013. Secara lebih spesifik, proses modernisasi jaringan yang dilakukan XL berupa perbaikan desain, penggantian perangkat, penalaan dan optimisasi jaringan. Untuk penggantian perangkat dilakukan dengan melakukan modernisasi RBS (Radio Base Station) 2G eksisting lama dengan perangkat terbaru yang lebih canggih dan lebih besar kapasitasnya.
 
Pada modernisasi jaringan ini juga dilakukan penggabungan beberapa perangkat RBS menjadi satu atau dikenal dengan istilah Single RAN sehingga menjadi lebih hemat tempat dan praktis dalam pengoperasiannya.

Saat ini jumlah pelanggan XL di area Jawa Timur sudah lebih dari 8,3 juta, yang ditopang oleh lebih dari 3300 BTS 2G/3G XL. Jangkauan pelayanan XL sudah menjangkau seluruh area hingga kecamatan.(ss)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year