Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

MNC Group Finalisasi Pelepasan Saham di Rakuten-MNC

15:54:50 | 30 May 2013
MNC Group Finalisasi Pelepasan Saham di Rakuten-MNC
Ilustrasi (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) atau MNC Group tengah memproses pelepasan saham di perusahaan patungan atau joint venture (JV) yang dibentuknya dengan Rakuten Inc, PT Rakuten-MNC.

“Tetap berjalan proses pelepasan itu. Sekarang tahap finalisasi,” ungkap Director PT Rakuten-MNC atau Rakuten Belanja Online Reino R Barack kepada IndoTelko,  melalui pesan singkat, kemarin.

Sekadar diketahui, MNC masuk ke bisnis e-commerce bekerja sama dengan Rakuten Inc dengan modal Rp 60 miliar. MNC memegang 49% saham sementara Rakuten 51% saham.

Diungkapkan Reino, aksi korporasi yang akan dilakukan perseroan terkait JV tersebut adalah melepas 49% saham ke Rakuten.

“Masalah berapa nilai saham yang dilepas secara rupiah kami belum bisa ungkap,” jelasnya.
 
Tetap Operasi
Pada kesempatan lain  Director Rakuten-MNC Yasunobu Hashimoto menegaskan,  Rakuten  memilih untuk bertahan di Indonesia karena potensi bisnis e-commerce di negeri ini lumayan besar dan belum tergarap secara maksimal.

"Bisnis e-commerce di Indonesia bisa tumbuh lebih besar lagi karena sekarang masih seperti bayi. Selama Rakuten dua tahun beroperasi di Indonesia, pertumbuhannya masih sesuai harapan kami," katanya.      

Dikatakannnya, Rakuten Belanja Online (RBO) adalah salah satu bisnis Rakuten yang berkembang paling cepat di dunia. RBO mencatat penjualan bruto merchant lebih dari 115% dibandingkan tahun sebelumnya dan paid order lebih dari 257%.

Peningkatan kampanye mobile RBO yang agresif di tahun 2012 juga menghasilkan peningkatan kunjungan melalui perangkat mobile lebih dari 180% dan pesanan dari perangkat mobile lebih dari 438%.

Itu sebabnya, Rakuten di kuartal pertama 2013 lalu berhasil membukukan pendapatan dan profit yang meningkat lebih dari 20% dibandingkan periode di tahun sebelumnya.

"Selama dua tahun terakhir, bisnis kami di Indonesia tumbuh sangat baik. Namun jika pelanggan tidak bisa menemukan dengan mudah produk yang mereka cari di marketplace kami, maka kami akan kehilangan pelanggan," katanya.
 
Sejauh ini, Rakuten sudah diandalkan oleh 500 merchant (pedagang) yang menawarkan katalog belanja lebih dari 400 ribu produk yang tersebar di dalam marketplace e-commerce di Indonesia yang beralamatkan www.rakuten.co.id ini.

Dua Strategi    
Diungkapkannya, untuk terus bertahan di  e-commerce Indoensia perseroan akan mengimplementasikan platform e-commerce global terbaru yang akan menawarkan kemudahan bagi pelanggan dan merchant dalam browsing produk belanja online.

Menurutnya,  platform e-commerce global ini akan menawarkan kemudahan dari sisi antarmuka pengguna (user interface), fitur inovatif dan ide teknis dari seluruh dunia, dukungan bahasa yang ditingkatkan dan proses review yang lebih baik, serta dukungan untuk pedagangan lintas negara.

Rakuten juga menggandeng Veritrans sebagai payment gateway terbaru sebagai alternatif metode pembayaran agar transaksi antar pelanggan dan merchant bisa semakin mudah dan aman.

Investasi untuk memperkuat bisnis e-commerce ini diambil Rakuten dari sebagian alokasi dana US$ 10 juta atau sekitar Rp 98 miliar yang disiapkan untuk rencana ekspansi bisnisnya di Asia sepanjang 2013 ini.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
A Leading Terrestrial and Submarine Fiber Optic Cable Manufacturer in Indonesia With EPC Capability