Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Sisfo Luncurkan Portal RepublikInter.Net

8:46:41 | 22 May 2013
Sisfo Luncurkan Portal RepublikInter.Net
Ilustrasi (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – PT Sisfo Indonesia meluncurkan  portal berbasis peta, RepublikInter.Net, yang akan memberikan informasi menyeluruh wilayah Indonesia.

“Di dalam portal ini selain tersedia informasi mengenai peta Indonesia, juga tersedia aneka informasi berdasarkan geografis atau wilayah misal laporan cuaca secara real time. Portal ini tersedia gratis di aplikasi iPad dan Android,” ungkap Direktur Sisfo Indonesia Nirwan Harahap di Jakarta, kemarin.

Portal ini juga menyediakan informasi berita dan gambar secara real time mengenai kejadian yang terjadi di berbagai daerah. Terdapat pula informasi kapal yang sedang berjalan di perairan Indonesia, atau pesawat terbang yang melintas di wilayah Indonesia secara real time.

Pasokan informasi untuk portal ini berasal dari 30  media online dan berbagai perusahaan minyak dan gas yang   mengawasi 1.000 kapal dan 100 sumur minyak.
Portal ini juga  tengah memperbanyak menara  radar untuk menangkap citra pesawat yang sedang terbang di wilayah Indonesia. “Rencananya akan dibangun 50 menara radar. Kita juga akan gandeng operator telekomunikasi untuk memanfaatkan menara BTS-nya,” katanya.

Model bisnis yang dikembangkan portal ini adalah  akses  gratis, tetapi membebankan fee tambahan untuk analitycs data yang diperlukan setiap perusahaan. Pasar yang dibidik adalah korporasi.

“Selain itu juga diharapkan pendapatan dari slot iklan. Tahun ini dari dua produk itu diharapkn bisa ada omzet sekitar  US$ 1 juta-US$ 2 juta. Satu bulan lagi portal ini akan meluncur resmi.” katanya.

Pada kesempatan sama, Staf Ahli Menkominfo Cahyana Ahmadjayadi mengatakan, aksi membuka kesempatan bagi semua situs informasi milik instansi pemerintah, situs berita di seluruh daerah, dan segala situs tentang Indonesia bergabung dalam portal RepublikInter.net sesuatu yang positif.

"Pemerintah sangat mendukung portal ini untuk mendorong kebangkitan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia dan memacu rakyat Indonesia mengenal Indonesia lebih baik," katanya   

Menurutnya, kehadiran situs ini  membuka kesempatan kepada pengelola situs pemerintah pusat dan daerah untuk dapat dikenal luas di tengah masyarakat dan menginformasikan segala hal terkait dengan bidangnya.

"Portal menjadikan segala informasi tentang Indonesia terangkum dan terintegrasi dalam satu portal sehingga pencarian informasi apapun tentang Indonesia menjadi mudah, cepat, dan menyeluruh," katanya.(ss)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year