telkomsel halo

Multipolar Gandeng Cisco Garap BYOD

18:04:07 | 16 May 2013
Multipolar Gandeng Cisco Garap BYOD
Yohan Gunawan (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Multipolar Technology menggandeng  Cisco System guna menggarap potensi pasar  penggunaan perangkat pribadi untuk bekerja (Bring Your Own Device/BYOD) di Indonesia.

“Kami bersama Cisco mengembangkan Cisco Identity Services Engine (Cisco ISE) yakni solusi yang berbasis identitas, yang mengumpulkan berbagai informasi dari jaringan secara real-time, dengan melakukan authentication, authorization, accounting, and posture assessment,” ungkap Senior Vice President Infrastructure & Network Solutions, Multipolar Technology, Yohan Gunawan usai mengikuti seminar "Ready or Not, BYOD is Here" yang digagas Indonesia Cloud Forum di Jakarta, Kamis (16/5).

Dijelaskannya, perusahaan yang akan menerapkan BYOD tinggal dilengkapi dengan Cisco ISE. Solusi ini mampu mengidentifikasi hingga per perangkat, mengatur otorisasi siapa bisa mengakses apa dari perangkat personalnya.

“Kemampuan solusi ini tidak perlu diragukan lagi untuk menjamin kelancaran implementasi," jelasnya.

Menurutnya, untuk sukses mengadopsi BYOD harus ada dukungan tiga hal, yaitu infrastruktur, kebijakan, dan sistem keamanan.
Dari sisi infrastruktur dibutuhkan aplikasi yang tersinkorinasi dengan perangkat BYOD yang digunakan karyawan dengan pusat jaringan server, termasuk kapasitas infrastruktur dasar berupa bandwith yang memadai.

Di  kebijakan, perusahaan yang mengadopsi BYOD harus menerapkan aturan main yang memudahkan akses ke perusahaan.
Terakhir,  tidak kalah penting adalah sistem keamanan jaringan untuk mengontrol aktivitas akses karyawan, dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya pencurian data-data perusahaan.

"Singkatnya,  penerapan BYOD pada perusahaan harus seimbang antara fleksibilitas dan control. Saat ini kami sudah ada satu korporasi yang mengadopsi solusi Multipolar. Kita harapkan hingga akhir tahun klien untuk solusi BYOD ini bisa menjadi tiga korporasi," jelas Yohan.

Direktur Multipolar Technology Jip Ivan menambahkan meningkatnya mobilitas dan perkembangan teknologi mendorong hampir setiap orang membawa perangkat pribadinya ke kantor, yang bahkan digunakan untuk mengakses data atau masuk ke jaringan perusahaan.

“Konsep BYOD ini dibilang mampu untuk meningkatkan produktivitas, karena ruang bekerja kita tak terpaku hanya di kantor saja, sehingga memudahkan karyawan untuk tetap terhubung dengan jaringan perusahaan kapan dan dimana saja,” katanya.

Dikatakannya, Multipolar Technology sebagai Gold Partner dari Cisco akan menjamin BYOD yang lebih aman, mudah pengelolaannya dan efisien. "Selain itu ada dukungan  tenaga ahli yang telah mendapatkan sertifikasi Authorized Technology Partner (ATP) Cisco ISE," tandasnya.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year