telkomsel halo

Arab Saudi Gelar Tender MVNO

7:19:55 | 16 May 2013
Arab Saudi Gelar Tender MVNO
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) –  Komisi Komunikasi dan Informasi Teknologi atau The Communications and Information Technology Commission (CITC) Arab Saudi pada 11 Mei lalu melalui situs resminya mengumumkan lima kandidat yang lolos untuk merebut lisensi  Mobile Virtual Network Operator (MVNO).

Dalam situs CITC terdapat nama lima konsorsium yakni Axiom Mobile,  Virgin Mobile Saudi Consortium, Jawraa Consortium Lebara, FastNet Consortium, dan  Safari Consortium.

Kabar beredar menyatakan  Virgin Mobile akan menggandeng Saudi Telecom Company (STC),  sementara  Axiom melirik jaringan milik Zain.
 
Hal yang menjadi pertanyaan adalah nama PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) yang tengah membidik pasar Arab Saudi dengan model bisnis MVNO tak terdaftar dalam short list bidder ini.  

Padahal, Direktur Utama Telkom Arief Yahya usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST)  belum lama ini mengungkapkan, Arab Saudi salah satu negara yang dibidik karena  terdapat 1 juta warga negara Indonesia di sana.

Untuk kerja sama ekspansi di Arab Saudi, perseroan kemungkinan menggandeng satu dari tiga operator telekomunikasi di Arab Saudi, yakni Mobily, Zain, atau STC.

"Operator yang paling tinggi memberikan benefit terbesar adalah operator yang  kami prospek. Sekarang masih paralel di sana. Kalau tidak  salah, mereka akan mengumumkan skema MVNO pada Mei. Kami tunggu inisiatif mereka," ungkap Pria yang akrab disapa AY itu.

CITC sendiri dalam situsnya menyatakan kandidat yang lolos akan dievaluasi sebelum mendapatkan lisensi. Operator telekomunikasi eksisting di Arab Saudi diharuskan nantinya bekerjasama dengan satu MVNO guna menyelenggarakan layanan seluler atau data.

Pemberian lisensi MVNO ini dianggap sebagai bagian dari liberalisasi terhadap industri telekomunikasi di negeri Arab Saudi.Pemenang tender diperkirakan akan keluar tiga bulan lagi.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year