Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

LG Mobile Meretas Jalan ke Papan Atas

10:17:04 | 09 May 2013
LG Mobile Meretas Jalan ke Papan Atas
Ilustrasi (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Nama LG Mobile sebenarnya adalah jaminan mutu dalam masalah inovasi telepon seluler (Ponsel).Produk dari Korea Selatan ini sebenarnya banyak yang menarik baik dari sisi fitur atau desain.

Sayangnya, secara penguasaan pangsa pasar, ponsel-ponsel besutan LG belum masuk dalam lapis atas penguasa pangsa pasar ponsel di Indonesia.

Sekadar catatan, sepanjang 2012 lalu  impor tablet, komputer jinjing, dan ponsel mencapai 53 juta unit mengalir ke Indonesia dengan dengan nilai US$ 2 miliar. Ponsel-ponsel LG diperkirakan berada di luar tiga besar jika dilihat dari semua jenis ponsel yang dijual.

LG pun sepertinya sadar tak bisa bermain di semua segmen. Perseroan memilih untuk memberikan perhatian khusus kepada smartphone dimana penetrasinya baru 15% di Indonesia. Untuk tahun ini pengapalan smartphone ke Indonesia sendiri  diperkirakan meningkat 51,7%  menjadi 15,7 juta unit.

Android
Mengandalkan sistem operasi Android yang digandrungi banyak kalangan, LG pun terlihat bergairah menggarap segmen ini.

Tak tanggung-tanggung,  LG Mobile menargetkan masuk kelompok tiga besar di pasar smartphone bersistem operasi Android  Indonesia pada tahun ini.

“Kami akan meningkatkan kegiatan komersial di Indonesia dan melakukan peningkatan produk melalui peluncuran barang baru dengan harga terjangkau. Salah satunya LG L Serires,” ungkap Head of Mobile Communication Division LG Electronics Indonesia Cho Cheolwoong, belum lama ini.

Dijelaskannya,  L Series bisa diandalkan menggebrak pasar Indonesia karena produk ini  sukses di pasar dunia pada tahun lalu. Sekadar diketahui, pada kuartal pertama tahun ini penjualan handset LG tercatat 10 juta unit. Hingga akhir tahun ini, LG menargetkan menjual sekitar 50 juta unit handset di seluruh dunia atau tumbuh sekitar 70% dari tahun lalu.

“Model L Series ini diharapkan bisa bersaing nantinya. Kami menargetkan  model L Series masuk kelompok  lima atau 10 besar dalam penjualan smartphone di dunia dan di Indonesia,” ujarnya.

Dikatakannya, L Series generasi terbaru atau generasi kedua yang dipasarkan di Indonesia pada   Mei ini adalah  L3, L5, dan L7. Masing-masing terdiri dari dua tipe, single SIM card dan dual SIM card. Ketiga model tersebut dipasarkan mulai Rp 1,19 juta per unit hingga Rp 1,89 juta.  

Kemudian pada semester II tahun ini, perusahaan akan memasarkan dua model lagi dari L Series, dengan harga jual di bawah Rp 1 juta.

Diungkapkannya,  smartphone Android LG akan dibekali dengan fitur-fitur yang membantu penggunanya. Misalnya fitur translasi, fitur penggunaan kegiatan multitasking dalam satu layar, layar sentuh yang lebih responsif, dan baterai yang tahan lama.

Untuk mendukung fokus di user experience, perusahaan bekerja sama dengan anak usaha LG global di bidang baterai dan teknologi display layar. LG akan menggunakan layar berteknologi In-Plane Switching (IPS) yang juga digunakan pada  iPhone.

Sementara di baterai, LG berusaha menampilkan smartphone dengan bentuk sleek atau ramping, tetapi dengan ketahanan baterai yang lebih lama. Akankah LG Mobile berhasil menyeruak dari kerumunan di akhir 2013? kita tunggu saja.(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year