telkomsel halo

Telkom Segera Bangun Palapa Ring II

9:54:23 | 08 May 2013
Telkom Segera Bangun Palapa Ring II
Arif Prabowo (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) –  PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) segera memulai pembangunan  Palapa Ring II setelah pemenang tender didapatkan belum lama ini.

"Kami namakan pembangunan tahap II Palapa Ring itu dengan Sulaweis Maluku Papua Cable System (SMPCS). Nanti kabel laut dan serat optiknya akan menghubungkan kota-kota di wilayah tersebut,” ungkap  Operation Vice President Public Relations Telkom, Arif Prabowo, ketika dihubungi kemarin.

Diungkapkannya, seremoni penggalian pertama akan dimulai di Ternate pada bulan Mei atau Juni nanti. “Rutenya meliputi Manado, Kendari, Ambon, Sorong, Jayapura, Fakfak, dan Timika,” jelasnya.

Sebelumnya EGM Infratel Telkom David Bangun mengungkapkan  pemenang tender Palapa Ring II adalah dua vendor raksasa yakni Alcatel Submarine Network (ASN) dan NEC.
 
ASN memenangkan paket pekerjaan untuk Maluku atau paket I. Sementara NEC di paket II alias Papua. Nilai proyek sekitar Rp 1,7 triliun turun dari perkiraan semula Rp 2,4 triliun.

Palapa Ring Tahap II yang digelar Telkom adalah backbone kabel laut dan optik sekitar 4 ribu km. Rute yang akan dilalui adalah Menado, Ternate, Halmahera, Ambon, Fak-fak, Timika, hingga Sorong.

Jalur ini melanjutkan tahap pertama yang dikenal dengan nama  Mataram-Kupang Cable System (MKCS)  sepanjang 1.041 km yang menelan biaya sekitar Rp  600 miliar.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year