Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Smartphone Kian Perkasa

16:58:24 | 28 Apr 2013
Smartphone Kian Perkasa
Ilustrasi (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Prediksi banyak kalangan smartphone akan menjadi perangkat dominan di era mobile computing dan internet menjadi kenyataan.
Dalam rilis terbaru yang dikeluarkan International Data Corporation (IDC) belum lama ini terlihat selama kuartal pertama 2013 sebanyak  216 juta smartphone dikapalkan ke pasar global sementara ponsel biasa hanya sekitar  189 juta unit.

IDC mengkalkulasi smartphone berkontribusi sekitar 51,6% dari total pengapalan ponsel atau sekitar  419 juta unit di kuartal pertama ini.

Analis IDC  Ramon Llamas menjelaskan pengguna dari negara berkembang seperti  China, India, dan Indonesia menjadi pendorong terus perkasanya permintaan dari smartphone. Pasalnya, jika berbicara Amerika Serikat, di negara ini sejak 2011 smartphone sudah dominan dijual.

Perang pabrikan di pasar smartphone memang lumayan seru. Jika ditelisik sebenarnya Nokia  menjadi pionir dengan perangkatnya yang mendekati kemampuan smartphone.  Tetapi perusahaan ini sepertinya justru tidak dominan kala smartphone kian diminati dunia.

Pemain seperti Samsung justru yang berhasil menyalip dan bersaing ketat dengan Apple.  Sementara di lapis kedua pertarungan untuk merebut hati pengguna smartphone seperti milik LG Electronics, HTC Corp, ZTE Corp, dan  uawei Technologies Ltd.

Samsung selama kuartal pertama 2013 mengapalkan 115 juta unit ponsel dengan penguasaan 27,5% pangsa pasar. Sementara smartphone yang dikapalkan pabrikan asal Korea Selatan ini sebanyak 70,7 juta unit dengan penguasaan pangsa pasar 32,7%.

Sementara posisi kedua adalah Nokia dengan melepas 61,9 juta unit semua jenis  ponsel dengan pangsa pasar 14,8%. Tetapi di pasar smartphone nama Nokia tak masuk lima besar.Posisi kedua di pasar smartphone ditempati Apple dengan 37,4 juta unit dimana menguasai 17,3% pangsa pasar.(ss)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
XL kurangi kepemilikan di PDGDC