telkomsel halo

Facebook akan Bangun Data Center Senilai Rp 9,7 triliun

10:50:17 | 23 Apr 2013
Facebook akan Bangun Data Center Senilai Rp 9,7 triliun
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) –  Facebook dikabarkan akan membangun data center senilai US$ 1 miliar atau setara Rp 9,7 triliun dengan luas 1,4 juta meter persegi di  Altoona, Iowa.

Dikutip dari TechCrunch (23/4), data center yang diberi nama Catapult ini akna dibangun dalam dua tahapan senilai US$ 500 juta atau setara Rp 4,8 triliun. Jika pembangunan selesai, diperkirakan nilai dari infrastruktur ini akan setara US$ 1.5 miliar atau setara Rp 14,56 triliun.

Kabarnya otoritas pengembangan ekonomi di Iowa dan  Altoona sedang mempertimbangkan memberikan insentif bagi proyek ini. Sayangnya, baik pejabat pemerintah atau Facebook enggan mengomentari isu ini.

Saat ini data center Facebook berlokasi di Oregon dan North Carolina. Facebook memiliki metode sendiri untuk mengelola data center. Di industri internet memiliki data center sendiri adalah bagian dari symbol kejayaan dan bagi satu negara bagian di Amerika Serikat menjadi tanda kemajuan terhadap peradaban.

Facebook sendiri baru saja meluncurkan layanan baru  Facebook Home. Fitur ini telah berhasil menembus 500 ribu download sejak pertama kali diperkenalkan.
Sayangnya, di toko Google Play aplikasi ini tak mendapatkan rating yang bagus yakni hanya dua bintang. Kabarnya para pengguna tak begitu terpikat dengan aplikasi ini. Facebook Home tersedia di ponsel HTC One, One X, dan Samsung Galaxy S3, S4 and Note 2.(ss)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year