Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Rakuten Siapkan US$ 10 juta untuk Startup di Asia

13:23:16 | 07 Apr 2013
Rakuten Siapkan US$ 10 juta untuk Startup di Asia
Ilustrasi (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Rakuten Group menyiapkan dana sekitar  US$10 juta atau Rp 97,08 miliar untuk berinvestasi di startup yang tersebar di banyak negara Asia.
 
Dikutip dari The Next Web belum lama ini, Direktur Global Marketing Office Rakuten Shin Hasegawa mengungkapkann dana itu lebih kepada berinvestasi agar perusahaan yang disuntik dananya bisa saling bersinergi dnegan portofolio lainnya dari Rakuten.

Menurutnya, perusahaan yang disuntikkan dananya oleh Rakuten mendapatkan banyak keuntungan terutama dalam masalah masuk ke pasar karena basis pelanggan sudah dimiliki oleh raksasa e-commerce dari Jepang ini.

Dana sebesar Rp 97,08 miliar itu disiapkan bagi startup yang berada di negara dimana Rakuten telah beroperasi seperti  Taiwan, Thailand, Indonesia, dan  Malaysia.

Di Indonesia sendiri Rakuten baru melepas kerjasamanya dengan   MNC Group dalam mengembangkan  perusahaan patungan atau joint venture,  PT Rakuten-MNC.
Keduanya berinvestasi sekitar  Rp 60 miliar untuk mengembangkan JV tersebut. MNC memegang 49% saham sementara Rakuten 51% saham.

MNC rencananya akan melepas  49% saham ke Rakuten dalam satu hingga dua bulan mendatang. Rakuten diprediksi akan tetap berada di Indonesia dan mencari rekanan baru untuk mengembangkan e-commerce.

Bahkan kabarnya, Rakuten akan mengembangkan situs travelnya menjadi berbahasa Indonesia pada  kuartal ketiga tahun ini. Saat ini situs tersebut  masih menggunakan bahasa Jepang dan bahasa Inggris.

Rakuten Travel sendiri memiliki kantor di  Thailand sejak Juni 2008 dan Indonesia pada  April,2012. Beberapa bulan lalu Rakuten travel membuka kantor di Philippina, Vietnam, dan  Malaysia.

Pada 2012, jumlah hotel yang menjadi mitra Rakuten travel di Indonesia mencapai 400 hotel, dan tahun ini diharapkan tumbuh menjadi 800 hotel. Perinciannya, di Jakarta dari semula 150 hotel menjadi 300 hotel. Adapun di Bali menjadi 500 hotel dari 250 hotel.(ss)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year