Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Telkom Targetkan G-Pipe Selesai Tahun 2013

17:12:26 | 24 Mar 2013
Telkom Targetkan G-Pipe Selesai Tahun 2013
Muhammad Awaluddin (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menargetkan pembangunan Government Broadband Pipe (G-Pipe) dalam kapasitas besar akan selesai pada tahun ini guna mewujudkan hadirnya infrastruktur jaringan ICT di Lembaga Pemerintah Daerah (Pemprop/Pemkab/Pemkot) berbasis serat optik.

Direktur Enterprise & Wholesale Telkom Muhammad Awaluddin mengungkapkan, perseroan akan menyediakan Government Connectivity (G-Connect) dengan detail proyek di tahun 2013 ini adalah penarikan kabel serat optik  di sejumlah 2.204 Site, yang terdiri dari Kantor Pemkab/Pemkot, Kantor LPSE Pemkab & Pemkot, Kantor Polres, Kantor Kodim dan juga Kantor Provinsi di seluruh Indonesia.

“Program ini dalam kerangka besar Indonesia Digital Network (IDN) untuk mendukung MP3EI. Kami akan  menyediakan bandwidth sampai dengan 50 Gbps untuk total 501 Pemkab/Pemkot dan 33 Pemprop dengan alokasi bandwidth di masing masing Pemkab/Pemkot sebesar 100 Mbps,” jelasnya.

IDN  merupakan visi pengembangan infrastruktur true broadband Telkom secara end to end (user terminal, akses, transport dan service) yang akan dicapai melalui pembangunan tiga infrastruktur utama, yakni Indonesia Digitas Access (ID Access), Indonesia Digital Ring (ID Ring) dan Indonesia Digital Convergence (ID Convergence).

“Kita estimasikan pembangunan jaringan serat optik di seluruh pemerintah daerah Indonesia itu bisa selesai pada kuartal ketiga 2013. Pemerintah daerah ini lumayan menggiurkan pasarnya, posisi akhir Februari 2013 per pemerintah kabupaten/kota konsumsi bandwidth mencapai 11 Mbps,” jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, dalam membangun sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di pemerintah daerah, perseroan memulai dengan  Government Digital Society.  

Arahnya adalah penyediaan infrastruktur TIK  pada sektor sektor : e-Govt Sector, e-Public Sector, e-Economic Sector dan kebutuhan lokal (pilihan) di masing masing daerah.

Tahapan berikutnya, penyediaan Government Content yang berbasis komputasi awan dalam bentuk Government Cloud (G-Cloud).

Layanan ini akan meniadakan investasi di Pemda dalam hal penyediaan hardware (IaaS), software (SaaS) dan platform (PaaS) serta termasuk dalam hal penyimpanan data.

Semua hal tersebut disediakan oleh Telkom. kontent dan aplikasi yang dibutuhkan oleh Pemda seperti e-office, e-procurement, e-PTSP, Data Center dan lainnya disediakan secara khusus dengan berbagai kemudahannya.(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year