telkomsel halo

Rakuten Cerai dengan MNC Group

11:18:53 | 23 Mar 2013
Rakuten Cerai dengan MNC Group
Ilustrasi (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Rakuten dikabarkan berpisah dengan MNC Group dalam mengembangkan e-commerce di Indonesia.

Dikutip dari Tech in Asia (22/3), dikabarkan perusahaan asal Jepang itu menghentikan kerjasama dengan MNC  dalam mengembangkan situs Rakuten Belanja Online yang diluncurkan pada 2011 silam. Kabarnya perpisahan terjadi pada Februari 2013.

Rakuten berkerjasama dengan MNC mengembangkan bisnis e-commerce melalui perusahaan patungan, Rakutan-MNC. Komposisi kepemilikan adalah masing-masing  51% : 49%.

Rakuten memilih MNC karena kekuatan pada bisnis medianya. Indonesia adalah negara ketiga belas bagi Rakuten untuk beroperasi.

Sebelumnya, Presiden Direktur & CEO PT Rakutan-MNC Ryoto Inaba mengaku  membidik bisa menjual sekitar 700 ribu produk melalui situs e-commerce yang dikelolanya pada tahun ini  naik dari posisi 350 ribu pada 2011.

Saat ini  jumlah pedagang yang ada di Rakuten Belanja Online  mencapai 400 merchant. Pada  tahun ini   ditargetkan menjadi 800 merchant. Sementara untuk jumlah transaksi, rata-rata member membelanjakan uangnya sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu sekali transaksi.

Jika kabar ini benar, ini kali kedua Rakuten menghentikan bisnis di luar Jepang. Sebelumnya hal yang sama terjadi di China pada April 2012.
Kerjasama dengan Baidu disetop karena dianggap susah bersaing.  Saat ini tinggal Rakuten Ichiba di Taiwan yang masih beroperasi sebagai perusahaan patungan dari e-commerce asal Jepang itu dengan mitra luar negeri.

Bagi MNC Group ini tentu merupakan pukulan  karena  kala mengumumkan sukses menggandeng raksasa Internet asal China, Tencent , belum lama ini, perseroan mengaku akan terus mengembangkan bisnis berbasis digital mengingat  penetrasi akses internet di Indonesia menawarkan sejuta peluang.(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year