telkomsel halo

Phablet Kian Diminati

11:13:44 | 20 Mar 2013
Phablet Kian Diminati
Ilustrasi (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Perangkat Phone-Tablet (Phablet) diyakini kian diminati oleh pengguna gadget di Indonesia pada tahun ini karena menawarkan banyak fitur untuk berkomunikasi.

“Potensi Phablet lumayan besar di Indonesia, sebanyak 75% dari total tablet yang dikapalkan pada 2012 memiliki ukuran layar 7 hingga 8 inci,” ungkap Market Analyst IDC Indonesia Darwin Lie.

Phablet biasanya bercirikan memiliki fungsi komputer tablet dan telepon. Layar yang dimiliki diantara smartphone dan tablet yakni 5 hingga 8 inci. Samsung dikenal sebagai salah satu pionir di segmen ini. Pada 2012, phablet menguasai 8% dari total 6,8 juta unit smartphone yang dikapalkan ke Indonesia.

Pada tahun lalu jumlah ponsel yang dikapalkan ke Indonesia sekitar 55 juta unit atau naik 15% dibandingkan 2011. Dari angka ini pengapalan tablet mencapai 1,6 juta unit. Pada akhir kuartal keempat 2012, 6,8 juta unit dari total ponsel dikapalkan adalah smartphone.  

Secara terpisah, Direktur Pemasaran Cross Janto Djojo mengakui phablet kian diminati karena itu segmen ini yang dipilih ketimbang bermain di tablet.

“Phablet masih dalam spesialisasi Cross karena masih ada fitur ponselnya. Inilah alasan diluncurkan  Phablet A27 dengan layar  5,88 inci yang membidik kelas menengah,” ungkapnya.

Dijelaskannya, Cross A27 mempunyai keunggulan teknologi gesture sensor, 3D gravity sensor, dan proximity sensor yang memungkinkan pengguna mengubah atau menggeser tampilan layar tanpa harus menyentuhnya.

Phablet Cross A27 menggunakan prosesor dual core 1GHz, sistem operasi Android 4.0, serta dilengkapi kamera 8 megapiksel di sisi belakang dan kamera 1,3 megapiksel di sisi depan.

Ponsel dengan dua kartu operator GSM itu mampu mendeteksi hingga lima titik sentuhan pada layar beresolusi 480 x 800 pikselnya. Produk ini dibanderol Rp 1,35 juta hingga Rp 1,45 juta dilengkapi fungsi televisi.(ct)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year