telkomsel halo

Keandalan Jaringan Data Tentukan Nasib Operator

12:03:32 | 15 Mar 2013
Keandalan Jaringan Data Tentukan Nasib Operator
Fadi Pharaon (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – Penyedia jaringan dan solusi telekomunikasi terkemuka, Ericsson, mengungkapkan, keandalan jaringan data dari operator akan menentukan nasibnya di era masyarakat broadband.

“Survei yang kami lakukan pada tahun lalu menunjukkan masalah kecepatan jaringan data operator itu menentukan pilihan konsumen. 90% konsumen yang disurvei menginginkan hal itu,” ungkap Vice President Region SEA & Oceania Ericsson Fadi Pharaon kala menjadi pembicara di diskusi 4G: New Tech, New Services, New Needs di Jakarta, kemarin.

Diungkapkannya, masih dari survei mobile broadband smarter offering yang digelar kuartal I-2012 lalu tercermin faktor kedua yang menentukan konsumen menjatuhkan pilihan pada satu operator adalah masalah kualitas dan jangkauan jaringan, harga dari layanan data, kemudahan mengisi ulang pulsa, dan tarif yang transparan.

“Masyarakat sekarang kian dekat dengan jasa data ditengah terus tumbuhnya smartphone. 40% pengguna sebelum tidur itu bermain dulu dengan smartphone. Di 2017 kami prediksi masyarakat akan menggunakan data 15 kali lebih banyak dari sekarang,” katanya.

Disarankannya, untuk mengatasi terjadinya ledakan trafik data, maka operator di Indonesia mulai mengadopsi teknologi 4G Long Term Evolution (LTE) secepatnya. Teknologi LTE bisa mendukung live mobile video, mobile/ portable gaming, cloud based computing, augmented reality, dan emergency response, serta telemedicine.

Dikatakannya, dalam memperlakukan LTE, operator bisa meniru model bisnis yang dikembangkan di luar negeri, seperti dalam paket bundle data dimana teknologi LTE diberikan sebagai ekstensi dari berlangganan jasa data.

Berikutnya, menawarkan paket data lebih fleksibel dengan kecepatan 4G atau menawarkan paket data berbasis tier.

Saat ini teknologi LTE telah komersial di 145 jaringan di 104 negara, menjangkau 455 juta orang.(ct)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year