Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

2013, Smartphone akan Kalahkan Feature Phones

12:20:47 | 05 Mar 2013
2013, Smartphone akan Kalahkan Feature Phones
Ilustrasi (DOK)
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) –  Lembaga riset International Data Corporation (IDC) memperkirakan smartphone akan mengalahkan feature phone pada 2013 ini.

Dikutip dari ZDNET belum lama ini, diperkirakan semua vendor ponsel akan mengapalkan sekitar 918.6 juta unit smartphone pada tahun ini atau nyaris 50.1% dari total pengapalan handset global di 2013.

Pemicu dari mengguritanya smartphone tak bisa dilepaskan dari harga produk tersebut yang terus mengalami penurunan, meluasnya segmen dari produk ini, dan pengembangan jaringan data yang kian massif, terutama untuk 4G.
 
Pada akhir 2017 diperkirakan ada 1,5 miliar unit smartphone yang dikapalkan secara global.

Diyakini, jika sebelumnya yang mendorong pertumbuhan smartphone dari negara maju seperti Amerika Serikat, maka di masa depan negara-negara berkembang yang memiliki pertumbuhan ekonomi tinggi akan memegang kunci perubahan. Negara-negara yang menjanjikan itu diantaranya  China, Brazil, dan India.
 
"Walau pertumbuhan smartphone di China tak seperti dua tahun lalu, kami yakin dengan populasinya yang besar akan tetap menjanjikan. China diperkirakan menjadi pasar yang besar bagi smartphone untuk segmen low end berbasis system operasi Android.   Negara lain yang menjanjikan adalah India dimana 50% dari pengapalan smartphone global pada 2017 akan tersedot ke negeri itu,” ungkap Senior Research Manager, IDC Asia/Pacific Melissa Chau .

Android Dominan
Pada kesempatan lain, hasil penelitian dari ABI Research seperti dikutip dari Cellular-News mengungkapkan, platform Android paling dominan dan diperkirakan ada 56 miliar pengunduhan aplikasi  dari sistem operasi ini pada 2013.

Android menguasai  58% pangsa pasar sistem operasi smartphone untuk mengunduh aplikasi diikuti  iOS milik Apple  33%. Windows Phone dari Microsoft 4%, dan  BlackBerry di3%.

Untuk pasar tablet, akan ada 14 miliar aplikasi. iPad menjadi penguasa di segmen ini, dimana 75% system operasi iOS akan emmbantu penguduhan.

Di Indonesia sendiri pada 2012 diperkirakan penetrasi smartphone 12% dari total populasi handset atau sekitar 15 juta unit. Pada 2013 diperkirakan bisa menembus 22 juta unit atau sekitar 15% dari penetrasi.(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma