Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

BlackBerry 10 akan Sasar Semua Segmen Pasar

17:26:19 | 04 Mar 2013
BlackBerry 10 akan Sasar Semua Segmen Pasar
Hastings Singh (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – BlackBerry memastikan platform BlackBerry 10 (BB10) akan hadir untuk semua segmen pasar, tak hanya kelas premium.

“Dua produk yang diluncurkan Z10  dan Q10 memang produk premium. Karena itu dari sisi harga juga dipatok tinggi. Misalnya, Z10 di Indonesia di banderol Rp 6,999 juta,” ungkap Managing Director BlackBerry untuk Asia Selatan, Hastings Singh saat peluncuran BlackBerry Z10 di Jakarta, Senin (4/3).

Diungkapkannya, perseroan berencana untuk melepas dua produk berbasis platform BB10 nantinya untuk segmen pasar menengah, dan dua produk lagi untuk pasar bawah (low end). “Soal waktu peluncuran produk itu,  tunggu saja kabar selanjutnya dari  kami,” katanya.

Dikatakannya, saat ini di Indonesia BlackBerry terlebih dulu meluncurkan BlackBerry Z 10  dan mulai dipasarkan pada 15 Maret 2013.

"Produk ini memberikan pengalaman bagi pengguna sebagai true computing dan true multitasking, sangat memuaskan. Secara mudah, Anda dapat beraksi hanya dengan satu sapuan jari," promosinya.
 
Dijelaskannya, tipe Z10 diluncurkan pertama kali karena tren smartphone sekarang memang di layar sentuh. Namun, produk Q10 diklaim sebagai ponsel hybrid (layar sentuh dan Qwerty) yang juga mumpuni di kelasnya.

“Kita sengaja fokus dulu di Z10, tetapi Q10 milik kami produk yang luar biasa, nantikan tanggal  mainnya,” katanya.

Sekadar informasi,  BlackBerry Z10 mengedepankan tampilan pengguna antar-muka (user interface) Flow yang memungkinkan pengguna mudah berganti aplikasi dan melakukan multitasking.

Di Indonesia, BlackBerry Z10 telah didukung sejumlah aplikasi populer seperti Garuda Indonesia, 21 Cineplex, Bank Mandiri, Soccer Ticker, dan sebagainya, di samping WhatsApp, Skype, dan Twitter untuk keperluan media sosial.

Tercatat ada 4.500 aplikasi khas Indonesia yang sudah ada di BlackBerry App World dan 50 mitra yang siap mendukung produk baru ini. Total aplikasi global yang ada di BB 10 sekitar 70 ribu aplikasi.

Pada kesempatan sama, Pengembang Aplikasi  Soccer Ticker  Vincentius Putra mengakui, platform BlackBerry 10 memudahkan para kreator untuk berkreasi.

“Para pengembang aplikasi pasti akan selalu menjadikan BlackBerry sebagai salah satu pertimbangan sebelum membuat produk. Pasalnya secara bisnis, penggunanya besar dan di sisi teknis, platform baru ini memang menawarkan banyak kemudahan,” katanya.
Vincent dengan aplikasi Soccer Ticker menjadi juara BlackBerry Jamhack 2012 untuk wilayah Asia.

Soccer Ticker sendiri adalah aplikasi yang menyajikan "siaran langsung" pertandingan sepakbola secara play-by-play melalui teks. Bedanya dengan aplikasi-aplikasi sejenis yang sudah beredar sebelumnya, Soccer Ticker tak hanya menampilkan update skor saja, melainkan juga terintegrasi dengan BlackBerry Messenger (BBM).
 
Di Indonesia, BlackBerry Z10 akan diluncurkan oleh semua mitra BlackBerry berbasis teknologi GSM yakni  Telkomsel, XL Axiata, Indosat, Tri, dan Axis.

Sementara untuk distribusi, BlackBerry menggunakan jalur   PT Teletama Artha Mandiri (TAM), PT Comtech Selular, dan PT Surya Citra Multimedia (SCM).

Di pasar global,  BlackBerry Z10 telah diluncurkan pertama kali di New York pada 31 Januari 2013. Inggris menjadi negara pertama di dunia yang beruntung memasarkan Z10.(id)
 

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year