telkomsel halo

Inti dan LEN akan Dimerger?

11:52:28 | 27 Feb 2013
Inti dan LEN akan Dimerger?
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – Cerita tentang privatisasi  dari  PT Industri Telekomunikasi  (Inti) layaknya sinetron yang tak berkesudahan.
Seperti diketahui, sejak tahun lalu sudah ada wacana dari Kementrian Badan Usaha Milik Negara (KBUMN) untuk melepas 49% saham milik Inti.
Kala itu Telkom dan LEN menjadi kandidat kuat yang akan memborong saham senilai sekitar  Rp 332,5 miliar itu.

Namun, seiring terjadinya pergantian di jajaran Telkom pada medio 2012, aksi mendekati Inti pun batal dan akhirnya Inti kembali fokus mengembangkan usahanya.

Nah, kabar terbaru pada Selasa (27/2) kemarin muncul dari Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan  yang menyatakan berencana  mengkonsolidasikan Inti dengan PT Lembaga Elektronika Nasional untuk meningkatkan kinerja keuangan perusahaan.

"Konsolidasi keduanya diharapkan dapat memiliki daya saing tinggi, mampu mengikuti tender dan mengerjakan proyek dalam skala besar," kata Dahlan.

Diungkapkannya,  program restrukturisasi perusahaan dengan opsi konsolidasi itu akan membentuk sebuah perusahaan baru. Keduanya akan dilebur dan tidak ada yang dominan kepemilikannya. Saat ini nilai asset Inti lebih besar ketimbang LEN.

Secara terpisah Direktur Operasional Inti Dayu Rengganis kala dikonfirmasi terkait ide konsolidasi itu enggan berkomentar banyak karena belum mendapatkan informasi yang lengkap. “Nanti saja yah,” katanya.

Sebelumnya, manajemen Inti mengaku butuh dana segar untuk   bisa  meningkatkan nilai  dari perusahaan  sekaligus mempercepat pertumbuhan bisnis.

Rencananya, alokasi pembagian dana hasil penjualan saham  sebesar Rp 220 miliar akan didistribusikan untuk bidang telekomunikasi sedangkan sisanya Rp 86 miliar untuk non-telekomunikasi, dan Rp 26,5 miliar untuk produk konsumer.(ct)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year