Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

BBM Money Bidik 200 ribu Pengguna

11:01:57 | 27 Feb 2013
BBM Money Bidik 200 ribu Pengguna
Ilustrasi (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – BlackBerry akhirnya merealisasikan niatnya untuk menghadirkan uang digital dengan memanfaatkan aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) yang dikenal dengan nama BBM Money.

"Indonesia adalah negara pertama di planet bumi ini untuk BBM Money. Negara lain akan menyusul. Saat ini ada sekitar 60 juta pengguna BBM di dunia, dimana 50 juta di antaranya aktif menggunakan," ungkap Direktur Marketing BlackBerry Indonesia Eka Anwar di Jakarta, kemarin.
 
BBM Money ini merupakan hasil kerja sama antara BlackBerry dan Bank Permata yang aplikasinya dikembangkan oleh PT AGIT Monitise Indonesia, sebuah perusahaan patungan antara Monitise Asia Pasifik dan Astra Graphia Information Technology (AGIT).

Direktur Retail Banking Bank Permata Lauren Sulistiawati mengungkapkan, untuk target awal dari layanan baru ini dibidik sekitar 100-200 ribu pengguna.

“Kita tahu BlackBerry itu penguasa pasar di smartphone. Tetapi target awal realistis juga karena ini inovasi baru. Kita bangun dulu kepercayaan penuh dan keyakinan dalam aspek keamanan layanannya,” katanya.

Lebih lanjut Eka mengatakan aplikasi BBM Money  bisa didownload secara gratis di BlackBerry World.   Fitur BBM Money ini membuat pelanggan dapat membuat dan mengakses rekening mobile dari smartphone BlackBerry mereka dan melakukan pembayaran langsung secara real time ke kontak BBM mereka yang juga telah mendaftar ke layanan yang sama.

Pelanggan juga dapat membeli pulsa isi ulang telepon seluler dan mentransfer uang ke rekening bank. Selain itu, pengguna dapat dengan mudah mengisi uang ke dalam rekening mobile mereka dari rekening bank apa pun di Indonesia

Untuk cash out di rekening luar Bank Permata aka nada fee transaksi yang ahrus dikeluarkan. Rencananya, BBM money juga akan bisa untuk membeli barang di merchant layaknya uang digital lainnya.

Bank Permata juga akan mengeluarkan rekening mobile dengan akun virtual dan memproses transaksi keuangan.

Layanan ini dilindungi oleh langkah-langkah keamanan dengan standar keamanan yang baik termasuk kode akses, enkripsi, pemantauan dan batas seperti yang dipersyaratkan oleh Bank Permata di bawah ketentuan Bank Indonesia.

Pelanggan dapat mendaftar melalui aplikasi untuk membuat sebuah akun BBM Money dengan Bank Permata. Pelanggan kemudian dapat mulai mengisi uang tunai ke dalam akun tersebut melalui salah satu dari 70.000 ATM di Indonesia.  Setelah identitas diperiksa, pelanggan dapat melakukan aktivitas melalui BBM Money.

Direktur AGIT Monetise Calvin Lim mengungkapkan, perseroan menyiapkan server dengan kapasitas besar untuk menampung transaksi yang terjadi di BBM Money.

“Revenue stream AGIT monetise dari layanan ini adalah kami mendapatkan revenue sharing dari fee based dengan Permata Bank. Sedangkan dengan BlackBerry ini semata engagement pelanggannya,” jelasnya.(id)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year