Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Wow, 300 Menara Tri Dihargai US$ 30 juta

15:16:26 | 29 Jan 2013
Wow, 300 Menara Tri Dihargai US$ 30 juta
Ilustrasi (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (indotelko) – Terungkap sudah harga 300 menara yang dilepas PT Hutchison CP Telecommunications (Tri) ke Solusi Tunas Pratama Tbk (SUPR) pada awal Januari 2013 lalu.

Direktur Utama Solusi Tunas Pratama  Nobel Tanihaha mengungkapkan, perseroan  baru saja menyelesaikan pembayaran pembelian 200 menara milik Tri tak lama ini  senilai US$ 20 juta atau sekitar Rp 193.4 miliar

“Kita sudah selesaikan pembelian sekitar 200 menara.Tinggal 100 menara lagi. Kita gunakan dana hasil right issue kemarin untuk pendanaannya,” jelasnya.

Jika dihitung, hal ini berarti harga satu menara milik Tri sekitar US$ 100 ribu atau setara Rp 967 juta. Sehingga harga untuk sekitar 300 menara sekitar US$ 30 juta sekitar Rp 290.3 miliar.

Solusi Tunas Pratama sendiri  pada kuartal III-2012  melakukan penerbitan saham baru sebanyak 135 lembar dan berhasil mendapatkan dana sekitar Rp 933 miliar.

Sebelumnya, Chief Commercial Officer Tri Bhuwan Kulshreshtha  mengakui telah melepas 300 menara telekomunikasi miliknya ke  Solusi Tunas Pratama  sebagai bagian dari strategi perseroan untuk fokus ke bisnis intinya.

“Optimalisasi aset yang berdampak pada efisiensi biaya operasional akan mendorong pertumbuhan bisnis perusahaan secara jangka panjang dan memberikan manfaat maksimal kepada pelanggan. Dengan basis lebih dari 21 juta pelanggan, Tri dapat lebih leluasa memperluas jangkauan layanan secara lebih terukur dan efisien,” tegasnya.

Selain dengan Solusi Tunas Pratama, Tri yang dikabarkan sebagian sahamnya telah dikuasai oleh pengusaha lokal ini  menjual sekitar 1.500 menaranya PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo).
 
Nilai satu menara kala  transaksi dengan Protelindo di tahap pertama untuk seribu menara  sekitar US$ 110 ribu atau sekitar Rp 1.1 miliar.(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
Sah! Indosat dan Tri merger
Telkom Digital Permata