telkomsel halo

XL Genjot Social Gaming

20:09:08 | 09 Jan 2013
XL Genjot Social Gaming
Revie Sylviana (DOK)
JAKARTA (indotelko) – PT XL Axiata Tbk (XL) menggenjot omzet Value Added Services (VAS) melalui social gaming dengan menggandeng perusahaan game dari Singapura, TheMobileGamer (TMG).

“Kami menggandeng TMG untuk program “XL Developer Network: Road to GameHack 2013”.  Ini kelanjutan dari program KotaGame,” ungkap GM Content & Application XL Axiata Revie Sylviana Andriani Dewi di Jakarta, kemarin.

Dijelaskannya,  KotaGame adalah suatu platform social game berbasis browser pertama di Indonesia, yang  diluncurkan tahun lalu.  

“Jumlah penggunanya meningkat dari 15 ribu hingga sampai akhir tahun menjadi 1,2 juta dengan  jumlah rata-rata untuk pembelian virtual sekitar Rp 10 ribu selama sebulan. Kita berharap naik di tahun depan, karena pertumbuhan penggunanya 30% setiap bulannya," kata Wanita yang tengah hamil anak kedua ini.

Dikatakannya, hal yang membedakan bermain social game di KotaGame dengan di jejaring sosial adalah di KotaGames orang bisa memainkannya melalui ponsel. Dengan demikian, semakin banyak orang yang bisa memainkan social games melalui KotaGames. Sementara itu social game di jejaring sosial harus menggunakan komputer dengan kemampuan khusus.

Kotagames (akses https://m.kotagames.com atau *123*5888#) telah diluncurkan oleh XL dan TMG pada Februari 2012 lalu.  
Game-game di Kotagames dioptimalkan agar bisa dimainkan dengan baik di feature phone, seperti handphone Nokia versi lama atau handphone buatan Cina atau lokal, yang sering sekali tidak compatible dengan konten-konten game yang canggih. Oleh karena itu,

Pengguna tidak perlu mendownload atau menginstal game Kotagames karena gamenya berbasis browser (hanya membutuhkan browser dan koneksi GPRS).
Permainan di Kotagames memiliki prinsip yang sama seperti game-game sosial Facebook. Pemain dapat bertemu dan bermain bersama teman baru dan juga bisa mengkustomisasi avatarnya sendiri dari karakter yang unik.

Di dalam Kotagames, pemain bisa juga menikmati berbagai game sosial buatan TheMobileGamer atau pengembang game lainnya. Sampai sekarang, sudah ada 19 game secara keseluruhan, 9 game buatan tim TheMobileGamer dan 10 game lagi dari pengembang game pihak ketiga.

Berkaitan dengan program terbaru yang tengah dirancang, dikatakannya, XL Developer Network akan dilakukan dengan cara merangkul berbagai komunitas pengembang game di Indonesia, antara lain melalui penyelenggaraan workshop di beberapa kota besar seperti Jakarta/Depok, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya.

Tujuan workshop ini adalah untuk memperkenalkan sisi teknis pembuatan game sosial dan integrasi ke KotaGames sekaligus mempersiapkan para calon peserta untuk mengikuti kompetisi GameHack yang akan diadakan bulan Maret 2013 nanti.

Kompetisi GameHack tersebut memasang target 100 peserta yang terdiri dari pengembang game profesional Indonesia, pelajar, dan juga freelancer yang mempunyai kemampuan dalam bidang web development. TMG dan XL menyediakan hadiah Galaxy Tab 7.0 dan Nokia Lumia 900 bagi pemenang pertama dan kedua untuk kategori Profesional. Sedangkan untuk kategori Umum, hadiahnya berupa Samsung Galaxy II dan Nokia Lumia 800.

Selain itu, TMG akan memilih 5 finalis yang gamenya akan dirilis di KotaGames dengan memberikan garansi minimal Rp 20 juta dan juga Rp 200 juta dalam bentuk marketing promo. Setiap pemenang akan mendapat pelatihan dari tutor social gaming yang handal dari Jepang.

The Mobile Gamer telah membuka dokumentasi API (Application programming interface)-nya bagi sejumlah pengembang pihak ketiga sehingga memungkinkan mereka untuk bisa berintergrasi langsung ke KotaGames sejak September 2012 kemarin.

“Alhasil, beberapa pengembang tertarik merilis gamenya di platform Kotagames dan turut memperkaya konten game yang ada sehingga para pemain disuguhi beragam konten game yang segar,” katanya.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year