Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Tren Industri

Desktop Diprediksi Kian Tergusur

17:44:17 | 28 Dec 2012
Desktop  Diprediksi Kian Tergusur
Ilustrasi (Dok)
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (indotelko) – Penjualan komputer desktop dalam beberapa tahun mendatang diprediksi akan kian tergusur oleh netbook, notebook, dan tablet karena masyarakat kian mobile.

“Sejak 2009,  jika digabung penjualan notebook dan netbook itu sudha melewati desktop. Pada tahun ini pangsa pasar penjualan notebook 44%, netbook 5%, dan tablet 18%,.  Sedangkan desktop 33%,” ungkap  Chairman Sharing Vision Dimitri Mahayana.

Diprediksinya, pada 2013 pangsa pasar desktop menyusut menjadi 31%, sementara notebook naik menjadi 45%, tablet 20%, dan netbook stabil di 5%.

“Perang devais akan semakin dahsyat, dan ikut merupakan faktor signifikan dalam perang bisnis telekomunikasi serta IT services,” katanya.

Dominasi Android
Diyakininya, dengan kian maraknya tablet dan masifnya penyebaran smartphone akan membuat sistem operasi Android kian berjaya nantinya.

“Penggunaan Android di Indonesia didorong oleh keterjangkauan harga, keragaman aplikasi, serta makin populernya touchscreen. Saat ini market share Android di Indonesia mencapai 52%. Tahun depan akan terus  berjaya, tetapi dilihat juga gebrakan BlackBerry dengan OS 10-nya,” katanya.

Ditambahkannya, ketatnya persaingan sistem operasi akan membawa berkah bagi pengembang aplikasi. Secara global nilai bisnis yang mungkin diraih pengembang aplikasi sekitar US$ 10 miliar dengan adanya sejuta  sejuta aplikasi nantinya.    

Tidak hanya pengembang aplikasi, pembesut ponsel lokal diyakini juga ketiban rejeki dengan bergesernya cara masyarakat mengakses informasi dan mengguritanya Android. Syaratnya, pemilik merek harus mampu menciptakan keunikan product sesuai lokal lifestyle masyarakat Indonesia.

“Smartphone lokal harus  memiliki fitur unik seprti dual simcard, penerima TV analog, harga yang terjangkau. Saya memperkirakan  harga smartphone akan turun 5-6 % di 2013, didorong ketatnya kompetisi baik dari vendor asing maupun lokal,” katanya.(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma