Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Operator Harus Siapkan Jaringan Hadapi Lonjakan Trafik Pergantian Tahun

25:08:56 | 20 Dec 2012
Operator Harus Siapkan Jaringan Hadapi Lonjakan Trafik Pergantian Tahun
Ilustrasi (Dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (indotelko) – Operator telekomunikasi diminta untuk menyiapkan jaringan menghadapi lonjakan trafik jelang pergantian tahun agar pengguna tidak dirugikan.

“Kita sudah kirimkan surat ke operator untuk menyiapkan jaringan menghadapi lonjakan trafik jelang Natal 2012 dan  tahun baru 2013.Hal ini agar pengguna layanan telekomunikasi yang ingin mengucapkan serta merayakan Natal tahun 2012 dan liburan tahun baru 2013 dapat dilayani dengan baik,” ungkap Anggota Komite Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) M. Ridwan Effendi di Jakarta, Kamis (20/12).

Dijelaskannya, walau BRTI tidak melakukan drive test seperti memeriksa persiapan operator menghadapi lonjakan trafik jelang Lebaran 2012, tetapi laporan kinerja jaringan operator tetap akan diminta pada awal tahun nanti. “Kita tetap pantau dan minta laporannya,” katanya.

Secara terpisah, Direktur Network Telkomsel Abdus Somad Arief mengakui  musim libur Natal dan Tahun baru biasanya cukup menimbulkan lonjakan dalam lalu lintas trafik layanan seluler.  

“Pola trafiknya berbeda dengan masa Lebaran yang menyeabr. Biasanya dalam Natal dan Tahun Baru itu trafik terkonsentrasi di satu tempat,”  katanya.
 
Guna menambah kapasitas handling trafik komunikasi saat Natal dan Tahun Baru, Telkomsel pun menyediakan 18 unit Compact Mobile Base Transceiver (Combat) alias mobile BTS di berbagai titik strategis.

Combat sendiri memiliki fungsi untuk memperluas coverage dan kapasitas trafik komunikasi. Dengan BTS model ini, operator bisa lebih fleksibel dalam mewujudkan high performance network.

"Combat Telkomsel juga dilengkapi dengan koneksi WiFi sehingga memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mengakses layanan data," katanya.
 
Diungkapkannya, untuk seluruh Indonesia, Combat Telkomsel sebenarnya ada sekitar 200 unit. Sekitar   40 di antaranya ditempatkan di wilayah Jabotabek.  
 
Pada periode Natal dan Tahun baru sebelumnya, Telkomsel mengklaim sukses melayani 3,898 Terabyte trafik layanan data menjelang Natal 2011. Angka ini lebih tinggi sekitar 45% dibandingkan trafik layanan data yang setiap harinya rata-rata mencapai 3,763 Terabyte.

Pada tanggal 25 Desember 2011, trafik layanan suara mencapai sekitar 867.000 erlang atau meningkat sekitar 25 persen dibandingkan trafik hari normal sekitar 749.000 erlang.

Lonjakan tajam terjadi pada trafik SMS, di mana tercatat lebih dari 13 juta SMS dilayani atau melonjak 160 persen dibandingkan trafik hari normal yang hanya 5 juta SMS perhari. (ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
atta 300 x 250.gif
More Stories
telkom sigma