telkomsel halo

Q3-2012, Android Kian Perkasa

29:03:22 | 04 Nov 2012
Q3-2012, Android Kian Perkasa
Ilustrasi (androidtan.com)
FRAMINGHAM (indotelko) – Sistem operasi berbasis Android kian dominan bagi smartphone hingga kuartal ketiga 2012.

International Data Corporation (IDC)  dalam situs resminya menyatakan, pengapalan ponsel pintar berbasis system operasi Android di kuartal III-2012 mencapai  136 juta unit  atau hampir   75 dari total  181.1 juta   smartphone yang dikapalkan di periode tersebut.

“Android menjadi mesin pertumbuhan utama dari penjualan ponsel pintar sejak diluncurkan pada 2008 lalu,”ungkap  Peneliti Ponsel IDC  Ramon Llamas.

Menurutnya, sejak diperkenalkan ke pasar, sistem operasi yang identik dengan gambar robot hijau ini berhasil menjadi kompetitor yang kuat bagi para pesaingnya. Didukung ekosistem dari  vendor  smartphone,  operator, dan pengguna, Andorid menjelma menjadi kekuatan baru di pasar.

Berikut  beberapa hal yang ditemukan sepanjang periode kuartal III-2012 di pasar smartphone oleh IDC:

Android, penjualan smartphone berbasis system operasi ini melampau  100 million unit pada kuratal ketiga lalu. Samsung menjadi pemimpin pasar untuk smartphone berbasis Android, namun pangsa pasarnya mulai digerus oleh pabrikan lain yang juga membesut system operasi sama.

iOS, system operasi ini berada di posisi kedua berkat diluncurkannya   iPhone 5 dan dipangkasnya seri lama di pasar.

BlackBerry, system operasi ini terus tergerus hingga triwulan III-2012. Tercatat, terjadi penurunan 4% di Q3-2012.

Symbian, system operasi ini mengalami penurunan paling tajam. Nokia masih menjadi pengguna setia dari system operasi ini diikuti  Fujitsu, Sharp, and Sony

Windows Phone dikapalkan sebanyak  3.6 juta. Kondisi ini bisa berubah jika  smartphone berbasis  Windows Phone 8 masuk pasar.

Linux, pangsa pasar system operasi ini juga mengalami penurunan seperti periode yang sama tahun lalu.(ss)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year