Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Indosat Tingkatkan Kapasitas Data Center

21:35:27 | 11 Okt 2012
Indosat Tingkatkan Kapasitas Data Center
Ilustrasi (Dok)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (indotelko) – PT Indosat Tbk (Indosat) meningkatkan kapasitas data center guna mendukung bisnis cloud computing dengan merek dagang Indosat Cloud.

Director and Chief Wholesale Infrastructure Officer Fadzri Sentosa mengungkapkan, perseroan  mengalokasikan dana sekitar US$3 hingga US$ 5 juta guna aksi korporasi tersebut.

“Pendanaan dari menambah data center ini menggunakan belanja modal 2012 dan 2013,” ungkap Fadzri.

Untuk diketahui, hingga semester I-2012  perusahaan telah merealisasikan belanja modal sebesar Rp 3,17 triliun  dimana dominan digunakan  untuk memperkuat layanan data. Adapun total belanja modal anak usaha Qatar Telecom ini hingga akhir 2012 sekitar Rp 6.5 triliun.

“Kami baru saja menambah kapasitas data center di kantor Indosat seluas 200 meter yang menelan investasi sekitar satu juta dollar AS. Ternyata penambahan itu tak cukup, sehingga mau ditambah seribu meter lagi. Investasi untuk penambahan kapasitas ini diperkirakan sekitar tiga sampai lima juta dollar AS,”  ungkapnya.

Diungkapkannya, perseroan telah  memiliki infrastruktur berupa jaringan seluler untuk koneksi internet dan data center guna mendukung cloud computing. Sedangkan platform untuk data center menggandeng perusahaan global, Dimension Data.

Data center di kantor pusat Indosat yang telah tersedia disiapkan seluas 1.000 meter, sementara Disaster Recovery Center (DRC) dengan tingkat okupansi 70% dimiliki seluas 2 ribu meter. Adanya penambahan kapasitas sekitar seribu meter menjadikan data center Indosat memiliki luas  2.200 meter.

Keunggulan dari data center milik Indosat adalah On-demand provisioning dengan pengaturan server, memory dan storage. Biaya dikenakan atas sewa bulanan ataupun perjam. Akses mudah melalui aplikasi web. Dukungan 24×7 dengan SLA, dan Keamanan jaringan yang didukung oleh VPN, VLAN, firewall dan load balancing.

Dijelaskannya, pasar dari data center perseroan akan disasar adalah  seribu pelanggan korporat yang telah menggunakan solusi telekomunikasi Indosat.

“Kita punya pelanggan korporat seribu perusahaan,  menawarkan servis data center ini bagian dari menambah dan mengikat mereka  ke Indosat. Kekuatan dari data center Indosat adalah menjadi bagian dari One Cloud Alliance milik Dimension Data sehingga perusahaan internasional akan merasa nyaman menggunakan jasa Indosat,” katanya.

Sementara itu Group Head Marketing Indosat D. Herry Swandito mengungkapkan, perseroan berencanan akan menambah jumlah sebaran data center dari tujuh kota yang telah dibangun. “Kita telah memiliki tujuh lokasi data center di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Bali. Rencananya akan dibangundua lagi di Makassar dan Balikpapan,” ungkapnya.(ss)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year