Kualitas mobile broadband di Jakarta nomor dua terbawah di Asia Pasifik

12:11:00 | 10 Jun 2019
Kualitas mobile broadband di Jakarta nomor dua terbawah di Asia Pasifik

JAKARTA (IndoTelko) - Kualitas layanan mobile broadband di Jakarta dinilai belum setara dengan sejumlah kota metropolitan lainnya di Asia Pasifik.

Survei OpenSignal pada 1 Februari- 2 Mei 2019 menyatakan posisi kualitas mobile broadband Kota Jakarta berada di nomor dua terbawah dibanding sejumlah kota-kota terkenal di Asia Pasifik.

Posisi Jakarta hanya lebih baik dibanding Phnom Penh yang berada di posisi paling buncit.

OpenSignal menemukan pada periode surveinya, kecepatan download dari mobile broadband di Jakarta 8,2 Mbps, sementara kecepatan upload (3,6 Mbps).

Angka ini hanya lebih baik dibanding Phnom Penh dengan download (6,3 Mbps) dan upload (2,7 Mbps).

OpenSignal juga menemukan kualitas mobile video dari layanan mobile broadband di Jakarta masuk dalam posisi tiga besar terbawah yakni dengan nilai 50,1. Sedikit lebih baik ketimbang Manila (45) dan Phnom Penh (41,6).

Berbasis hitungan yang ditetapkan International Telecommunication Union (ITU) standar nilai untuk mobile video adalah 75-100 (Excellent), 65-75 (Very Good), 55-65 (Good),40-55 (Fair), dan 0-40 (Poor).

Kualitas mobile broadband di Jakarta nomor dua terbawah di Asia Pasifik

Lantas kota mana yang mobile broadband-nya menjadi juara dari 12 kota yang disurvei? Seoul adalah pemenangnya dengan kecepatan download (56,3 Mbps) dan upload (16,6 Mbps).

Kecepatan yang dirasakan pengguna di Seoul sekitar 41% lebi cepat dibanding pengguna di Singapura, Sydney, dan Tokyo.(wn)

Baca Juga:
More Stories