Kominfo perkuat jaringan seluler di Natuna

11:51:36 | 26 Apr 2021
Kominfo perkuat jaringan seluler di Natuna

JAKARTA (IndoTelko) - Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Badan Akses Telekomunikasi Indonesia (BAKTI) akan memperkuat layanan seluler di Natuna dengan menghadirkan Base Transceiver Station (BTS) di 17 desa dan kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

"Di Kabupaten Natuna sendiri akan dibangun 17 Base Transceiver Station untuk 17 desa, yang didukung nanti dengan kehadiran signal cepat 4G," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.

Menteri Johnny menjelaskan Pemerintah akan membangun 16 BTS yang berada di 12 desa di Kabupaten Kepulauan, 5 BTS di desa yang berada di Kabupaten Bintan dan di Kabupaten Karimun dibangun 1 BTS untuk satu desa. Meskipun demikian, Menkominfo menyatakan pihaknya akan terus melakukan identifikasi wilayah blankspot yang masih ada.

“(Pembangunan BTS) Itu belum cukup karena masih banyak wilayah yang blankspot, wilayah-wilayah blankspot yang menjadi identifikasi ini dilakukan melalui proses digitalisasi dari instrumen peralatan yang ada di Jakarta, di Kominfo dan operator seluler," jelasnya.

Mengenai pembangunan infrastruktur TIK tahun 2021, Menkominfo menyatakan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Kominfo akan membangun 4.200 BTS di seluruh wilayah 3T di Indonesia yang dilakukan dalam 5 paket.

"Hari ini paket 1 dan paket 2 dibawah konsorsiun fiberhome bersama rekan-rekan konsorsium members. Tentu perlu dilakukan," tandasnya.

Lebih lanjut, Menteri Johnny menjelaskan pihaknya terus melakukan verifikasi lapangan dan akan dilakukan review desain dan final desain untuk menentukan titik-titik lokasi dan pilihan teknologi yang tepat sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.(wn)

Baca Juga: