Super Joss 4G Telkomsel di Kota Pahlawan

15:28:40 | 26 Apr 2015
Super Joss 4G Telkomsel di Kota Pahlawan
Peluncuran 4G Telkomsel di Surabaya (dok)

JAKARTA (IndoTelko) - Berdiri sejak tahun 1293.  Sebagai ibukota  Jawa Timur, perkembangan kota ini sangat pesat, sebagaimana Jakarta.  Surabaya kini menjadi kota industrimodern dan juga pusat perekonomian bagi masyarakat Jawa Timur.  Kota yang terkenal dengan legenda pertarugan antara hiu (sura) dan buaya (baya) ini memiliki luas wilayah kedua setelah Jakarta dengan jumlah penduduk yang tembus di angka 3 juta jiwa.

Denyut perekonomian di Surabaya tidak pernah mati.  Alhasil bagi Anda yang berkunjung di kota ini, tidak akan pernah merasakan sepi dan terhentinya aktifitas dan lalu lalang kendaraan di jalan raya.

Sebagai salah satu kota terbesar di Tanah Air, Surabaya tampil dengan berbagai fasilitas modern.  Keberadaan sarana dan prasarana seperti hotel, mall, dan berbagai sarana pendukung lainnya terus dibangun dan ditingkatkan.  Sarana transportasi umum turut dibenahi termasuk sektor telekomunikasi.

Telekomunikasi

Sektor telekomunikasi merupakan yang terpenting sebagai pendukung pertumbuhan ekonomi sebuah kota.  Dan sebuah kota yang memiliki pertumbuhan sangat pesat, merupakan pasar potensial bagi industri telekomunikasi untuk di garap.  Sebuah hukum pasar timbal balik antar keduanya.

Wajar bila Surabaya menjadi salah satu kota yang pertama kali di jamah oleh Telkomsel untuk produk Kartu Halo nya pada tahun 1996.  Setahun kemudian operator yang memiliki tagline Paling Indonesia ini melengkapi layanan telekomunikasi berbasis selular dengan produk prabayarnya berjuluk Simpati.  Inilah produk prabayar pertama yang ditawarkan oleh operator GSM kala itu, dan sebuah keberuntungan bagi Surabaya sebagai salah satu kota yang lebih dulu bisa merasakan layanan telekomunikasi GSM isi ulang.

Lagi-lagi Surabaya kembali menjadi perhatian dari industri telekomunikasi khususnya Telkomsel.  Setelah GPRS dan 3G beberapa tahun lalu dinikmati jutaan pelanggan Telkomsel di Surabaya, kini kembali Surabaya menjadi kota keempat yang diutamakan Telkomsel untuk layanan 4G LTE nya, setelah area Jakarta, Bali, dan Bandung.

Peresmian peluncuran layanan seluler generasi keempat ini langsung dilakukan oleh Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah dan dihadiri pula oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini pertengahan Maret lalu.  “Kami bangga dapat memberikan layanan 4G LTE bagi kota Surabaya, semoga layanan ini dapat menjawab kebutuhan masyarakat akan akses data yang lebih cepat di era mobile digital lifestyle saat ini,” kata Ririek.

Layanan 4G Telkomsel ini sudah mampu mengcover hampir seluruh wilayah Surabaya termasuk area Gresikdan Sidoarjo.  Didukung 169 BTS yang telah berteknologi 4G, diharapkan seluruh pelanggan Telkomsel di Surabaya bisa merasakan akses internet dengan kecepatan jauh dibanding layanan sebelumnya GPRS, EDGE, dan bahkan 3G .

Terpilihnya Surabaya untuk lebih dulu menikmati layanan 4G bisa jadi karena pertumbuhan layanan data dari pelanggannya cukup baik.  Dari data yang ada, nampak peningkatan pelanggan data di kota ini mencapai 18% selama tahun 2014. Sedangkan dari sisi konsumsi penggunaannya, juga terjadi peningkatan sebesar 38%.

Dalam sambutannya pada peluncuran 4G waktu itu, Walikota Surabaya, Tri Rismaharani mengapresiasi Telkomsel yang menjadi operator seluler pertama yang menggelar layanan 4G di Surabaya.  Jaringan 4G tersebut menurut Risma diharapkan jangan hanya digunakan untuk kebutuhan konsumerisme saja, melainkan juga untuk mendukung produktivitas. 

"Warga Surabaya kini bisa mengakses program-program untuk bisnis dengan teknologi telekomunikasi yg lebih bagus lagi," ujar Risma.

Diharapkan adanya layanan 4G, akan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi di kota yang dipimpinnya di berbagai sektor, termasuk sektor pariwisata.  Para wisatawan akan merasakan kemudahan akses internet berkecepatan tinggi untuk sekedar mengabadikan momen-momen indah kala berwisata. Berbagai destinasi wisata di Surabaya bisa dinikmati oleh wisawatan baik lokal maupun mancanegara 

Seberapa kencang layanan 4G yang diberikan Telkomsel di kota ini?  Tunggu hasil uji kami di kota ini, termasuk di berbagai destinasi wisata kota pahlawan ini. 

Bila Anda ingin menikmati layanan 4G dari Telkomsel.

Baca Juga: