Menebar Sinyal 4G Di Ibukota

05:26:25 | 25 Apr 2015
Menebar Sinyal 4G Di Ibukota
Peluncuran 4G Telkomsel (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – Menutup tahun 2014, Telkomsel secara resmi meluncurkan layanan 4G secara komersil.

Dengan diluncurkannya layanan ini, boleh dibilang Indonesia sudah bisa disejajarkan dengan negara-negara lainnya di dunia yang telah mengadopsi 4G.  Dan Jakarta pun dipilih sebagai kota yang pertama kali bisa menikmati layanan 4G Telkomsel.

Kota metropolitan ini dihuni lebih dari 12 juta jiwa. Sebagai pusat pemerintahan Provinsi DKI Jakarta dan juga ibukota negara, denyut nadi Jakarta tidak pernah mati. Pusat pemerintahan, politik, dan bisnis menjadi satu.

Kota ini menjadi pusat bertemunya orang dari seluruh belahan nusantara.  Posisinya berada di pantai utara bagian barat pulau Jawa. Jakarta terdiri dari 6 wilayah antara lain Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Kepulauan Seribu.

Sejarah Jakarta diawali dari sebuah  bandar kecil di muara Sungai Ciliwung sekitar 500 tahun silam. Selama berabad-abad kemudian kota bandar ini berkembang menjadi pusat perdagangan internasional yang ramai.

Sejak abad ke-5, kapal dari Cina dan Vietnam, serta dari kepulauan Nusantara merapat di muara Sungai Ciliwung. Pedagang India dan Portugis juga mendatangi kota kecil ini. Pelaut dari Jawa, membawa rempah-rempah dari Maluku, juga berlabuh di sini.

Hampir semua orang dari Timur dan Barat meninggalkan jejak mereka untuk berbaur di Jakarta.  Berabad-abad kemudian, pelabuhan Jakarta tumbuh menjadi pusat perdagangan internasional yang ramai.  Antara abad 17 dan awal abad 18, kapal bisa berlayar lebih jauh sampai ke sungai Ciliwung.

Sebagai ibukota Negara, wajar bila Jakarta kerap bahkan selalu dijadikan sebagai barometer dan kiblat maju mundurnya perekonomian Indonesia.  Dan wajar pula bila Jakarta selalu menjadi kota yang pertama untuk menikmati pertumbuhan ekonomi termasuk telekomunikasi.

Telkomsel misalnya.  Operator ini memilih Jakarta sebagai kota yang pertama kali menikmati layanan 4G LTE secara komersil.  Disusul 4 kota lainnya yakni Bandung, Surabaya, Medan, dan Bali.

Dalam peluncuran layanan akses data berkecepatan tinggi ini, Dirut Telkomsel saat itu yang kini menjabat sebagai Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga mengatakan, peluncuran 4G secara komersil dilakukan, setelah melalui uji coba yang berkesinambungan sejak tahun 2010.  “Kini kami menghadirkan layanan mobile 4G LTE pertama di Indonesia secara komersil, yang benar-benar bisa dinikmati masyarakat,” katanya.

Menurut Alex, layanan 4G Telkomselakan memberikan pengalaman digital lifestyle yang terbaik, dimana saat ini semakin banyak pelanggan yang mengakses rich content melalui smartphone-nya.

Dijelaskannya, hadirnya Telkomsel 4G LTE diharapkan akan mampu mengakselerasi pertumbuhan Indonesia di berbagai bidang, sejalan dengan upaya pemerintah Indonesia di era yang baru ini.

Ia pun berharap, 4G LTE bagi Indonesia dapat membuka dan mempercepat akses terhadap lebih banyak lagi informasi sehingga diharapkan akan mampu meningkatkan produktivitas masyarakat Indonesia, membentuk gaya hidup digital di tanah air dan mendorong terciptanya masyarakat digital Indonesia.

Telkomsel menggeler layanan 4G LTE di frekuensi 900MHz dengan lebar pita sebesar 5 MHz, yang memiliki kecepatan data access mencapai 36 Mbps.  Frekuensi 900MHz memiliki daya pancar yang lebih besar, sehingga penetrasi sinyal Telkomsel 4G LTE akan dapat menjangkau sampai ke dalam gedung/rumah untuk area perkotaan dan menjangkau area yang jauh untuk di luar perkotaan.

Di Jakarta sendiri, Telkomsel 4G LTE didukung oleh jaringan yang beroperasi secara outdoor yang meliputi beberapa area di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Timur antara lain Bandara Sukarno Hatta, Area Sudirman, Semanggi,  SCBD, Tanah Abang,  Pondok Indah, Kebayoran Baru dan Blok M.

Bagi pelanggan Telkomsel yang ingin menikmati layanan ini, Anda mesti mengganti simcard Telkomsel yang saat ini Anda gunakan dengan kartu khusus 4G Telkomsel atau disebut juga u-SIM.Untuk lebih jelasnya

Penasaran dengan kecepatan akses data dari 4G Telkomsel? Nantikan hasil uji jaringan 4G LTE yang akan kami lakukan di Jakarta, termasuk pusat wisata yang ada di ibukota ini hasil kolaborasi  www.indoTelko.com dengan portal informasi wisata www.indiTOURIST.com.(id)

Baca Juga: