Trafik data Telkomsel melesat di upacara penutupan Asian Games 2018

12:24:45 | 06 Sep 2018
Trafik data Telkomsel melesat di upacara penutupan Asian Games 2018

JAKARTA (IndoTelko) – Telkomsel sukses mengawal jaringan selama Gelaran Asian Games 2018 berlangsung.

Hingga hari terakhir, pada saat closing ceremony (Upacara penutupan) berlangsung Telkomsel mencatatkan kenaikan payload data tertinggi hingga 140 kali lipat dan juga kenaikan trafik mencapai 21 kali di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Sedangkan total payload data dari tanggal 18 Agustus – 2 September 2018 mencapai 1640 Terabyte atau naik sekitar 44% di semua venue pertandingan Asian Games yang ada di Jabotabek Jabar.

“Kami bersyukur dapat memberikan kontribusi yang maksimal selama Asian Games 2018, sehingga kebutuhan komunikasi semua pelanggan dapat terlayani dengan baik hingga penutupan selesai. Kami juga berterimakasih atas antusiasme pelanggan yang tinggi, baik dari Indonesia ataupun pelanggan mancanegara saat menggunakan Telkomsel,” kata Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Ririn Widaryani dalam keterangan (6/9).

Sementara itu, selama perhelatan akbar olahraga terbesar di Asia ini berlangsung Telkomsel mencatatkan jumlah pelanggan yang hadir lebih dari 7.5 juta di semua venue pertandingan di area Jabotabek Jabar.

Sedangkan untuk jumlah pelangan Telkomsel yang ada di Area GBK sendiri mencapai 1.4 juta dan jumlah pelanggan tertinggi yang hadir mencapai 130 ribu saat sehari sebelum penutupan Asian Games berlangsung.

Animo masyarakat tertinggi terhadap penggunaan jaringan Telkomsel ditunjukkan pada saat opening dan closing ceremony dimana terjadi kenaikan payload data yang signifikan. Saat opening Ceremony, terjadi kenaikan data hingga 95 kali lipat di main stadium GBK dan 8 kali lipat di seluruh GBK dan sekitarnya. Sedangkan saat closing ceremony terjadi kenaikan data 140 kali lipat dan 10 kalilipat di seluruh GBK dan sekitarnya.

Perbandingan kenaikan data saat opening dan closing yang sangat signifikan ini menunjukan animo masyarakat dipenghujung Asian Games semakin tinggi. Begitu pula dengan jumlah pelanggan yang hadir mencapai 76 ribu saat opening dan 106 ribu saat Closing ceremony atau naik sekitar 39%.

Selama pertandingan olahraga Asian Games berlangsung, Kenaikan total payload data tertinggi terjadi di Main Stadium GBK pada tanggal 26 Agustus 2018, yang naik sebesar 216%. Kenaikan ini terjadi saat kontingen Indonesia, Muhammad Zohri bertanding di cabang olahraga Atletik.

Selain itu, di venue pertandingan Tennis Indoor GBK juga terjadi kenaikan payload data yang cukup signifikan sebesar 311% di tanggal 26 Agustus. Sementara itu, saat perempat final Bulu Tangkis yang berlangsung di Istora Senayan, terjadi kenaikan payload data hingga 210%. Kanaikan data yang tinggi di tanggal 26 Agustus ini bertepatan dengan pertandingan perempat Final, dimana banyak tim Indonesia yang bertanding.

Kenaikan Payload data yang tinggi ini didukung dengan kehandalan jaringan Telkomsel yang dicover oleh 102 BTS dan 8 Combat yang ada di Area GBK. Telkomsel juga telah melakukan peningkatan kapasitas jaringan hingga 35%, dimana pelanggan dapat melakukan akses internet dengan lebih lancar dan rata-rata kecepatan sebesar 20Mbps.

Sementara itu ada lebih dari 8700 roamers per hari atau pengguna jaringan Telkomsel dari provider lain yang digunakan oleh pengunjung dari mancanegara. Jumlah ini naik hingga 79% dibandingkan saat hari biasa dan ada tiga negara dengan roames terbesar yakni China, Singapura dan Thailand.

Social media menjadi alat untuk membagi euforia Asian Games 2018. Dari mulai opening ceremony hingga saat closing Asian Games Telkomsel mencatatkan Facebook sebagai aplikasi social media tertinggi yang paling banyak diakses, yakni sebesar 52%. Selanjutnya sebesar 33% dikontribusi oleh Instagram, Twitter 10%, Snapchat 4% dan sisanya adalah sosial media lainnya.

“Selama Asian Games 2018 ini kami merasa puas karena bisa menjadi Official Mobile Partner yang sukses mengawal jaringan dengan baik untuk para atlet dan pengunjung dari berbagai daerah, baik dari Indonesia maupun mancanegara. Kedepannya, Telkomsel akan terus mendukung gelaran-gelaran seperti ini dengan menghadirkan ragam produk dan layanan yang menarik serta jaringan komunikasi yang prima,” pungkas Ririn.

Asal tahu saja, gelaran olahraga terbesar Asia memang sudah berlalu; tetapi rasa bangga masyarakat kepada para atlet yang bertanding masih terasa hingga hari ini.

Hal ini juga terasa di linimasa Twitter di Indonesia. Terdapat 12 juta Tweet terkait #AsianGames2018 selama acara tersebut berlangsung selama dua minggu.

Upacara penutupan yang diadakan 2 September lalu menjadi perbincangan di linimasa Twitter di Indonesia dan berbagai negara di dunia. Dari pertunjukkan kembang api yang luar biasa, atlet dan parade tenaga relawan, hingga penampilan dari beragam artis nasional dan internasional #ClosingCeremonyAsianGames2018 menghasilkan 1,8 juta Tweet terkait dengan acara tersebut.(tp) 

Liputan khusus drive test destinasi digital
Baca Juga:
Liputan khusus drive test destinasi digital