Internet cepat dukung kegiatan bisnis di Batam

09:05:00 | 16 May 2018
Internet cepat dukung kegiatan bisnis di Batam
Masjid Raya Batam (foto : Tono)

BATAM (IndoTelko) – Sepulang kami berkeliling Singapura, keesokan harinya kami pun melanjutkan untuk mengunjungi destinasi selanjutnya yang menurut kami sangat penting dan strategis di kota Batam, kawasan perkantoran. 

Masih di sekitaran Batam Center, sekitar 1-2 km dari Pelabuhan Batam Center.  Di sinilah berdiri gedung DPRD dan kantor pemerintahan kota Batam, Islamic Center Batam, masjid Raya Batam, dan  beberapa perkantoran lainnya.  Dan di sini pulalah berdiri Bukit Klara dengan monument bertuliskan “Welcome to Batam” yang merupakan landmark di Batam ala Hollywood.

Keberadaan landmark ini diharapkan mampu memperkenalkan dan menyambut wisatawan di Pulau Batam.  Posisinya yang menghadap langsung ke Terminal Feri Internasional Batam Centre membuat setiap wisatawan yang datang akan dapat melihat langsung tulisan tersebut. Dengan tulisan ini bermakna bahwa pemerintah kota Batam  dan masyarakat menyapa langsung wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang masuk Batam lewat Pelabuhan ini. (baca : Layanan 4G Prima di Batam Center)

Infrastruktur Telekomunikasi

Sebagai pusat pemerintahan dan juga pusat kegiatan masyarakat Batam baik di Islamic Center atau pun di lapangan Masjid Raya Batam, infratsruktur telekomunikasi sangatlah dibutuhkan.  Akses telekomunikasi suara maupun akses data sudah jadi kebutuhan vital di area ini.

Kedatangan Tim IndoTelko ke kawasan ini pun bermaksud mengintip keberadaan jaringan dari lima operator seluler sekaligus menguji kecepatan akses data dan internet dari kelimanya.   

Pengujian jaringan di kawasan ini, kami ditemani ponsel-ponsel kelas atas yang terdiri dari :  Lenovo P2 Turbo, Asus Zenfone 4 Max, Asus Zenfone 4 Max Pro, Huawei Nova 2i, iphone 7 plus, dan modem Andromax M3Y. Sementara aplikasi atau mesin uji yang digunakan adalah Speed Test dan Sensorly.   

Kunjungan serta pengujian jaringan di kawasan ini kami lakukan pada Senin, 30 April 2018 pukul 07.50 Wib.

Dari indikator semua ponsel dan operator yang kami gunakan menunjukkan tertangkapnya jaringan 4G.  Dan tentu saja kami pun gatal ingin langsung melakukan pengukuran kekuatan jaringan yang ada.  

Sayangnya ketika proses uji kami lakukan, hanya 4 operator saja yang siap untuk dilakukan uji coba. Satu operator lagi yakni Tri tidak sempat kami lakukan pengujian karena koneksi ke server uji dari dua aplikasi yang kami gunakan tidak begitu maksimal bahkan kerap terputus.  Kondisi sinyal lewat indikator bar yang ada di layar ponsel semuanya sempurna, full bar.  Kecuali Telkomsel yang hanya 4 bar.

Internet cepat dukung kegiatan bisnis di Batam

Ngejoss di 4G

Pengujian pertama kali kami lakukan menggunakan aplikasi SpeedTest.  Hasil uji menunjukkan keempat operator mumpuni dan stabil dalam menyuguhkan kekuatan akses data baik unduh maupun upload.  Boleh dibilang keempatnya kami simpulkan sudah sangat siap dan maksimal dalam memberikan layanan.

Hasil Pengujian dengan SpeedTest untuk kekuatan unduh dari Indosat sebesar 19,1 Mbps, Smartfren 21,0 Mbps, Telkomsel 18,5 Mbps, dan XL 27,6 Mbps.  Kami sempat melakukan pemutaran video dari Youtube dengan durasi 30 menitan. Hasilnya tidak mengecewakan. Video berputar dengan lancar tanpa ada kendala berarti.

Internet cepat dukung kegiatan bisnis di Batam

Sementara kecepatan uploadnya, keempat operator menunjukkan angka maksimal Indosat 14,6 Mbps, Smartfren 1,60 Mbps, Telkomsel 13,0 Mbps, dan XL 16,4 Mbps.  Pada pengujian upload ini, kami pun mencoba mengupload video yang kami rekam dari salah satu kamera ponsel yang kami gunakan ke sosial media.  Proses pengupload an berjalan cukup cepat.

Beralih ke aplikasi uji Sensorly.  Tak jauh berbeda dengan hasil uji dengan SpeedTest.  Hanya saja dari hasil uji Sensorly ini Smartfren sedikit kedodoran.  Operator ini menghasilkan kecepatan paling belakang ketimbang 3 operator lainnya.

Hasil lengkap pengujian dengan sensory ini terdiri dari kecepatan unduh Indosat 15,77 Mbps, Smartfren 7,78 Mbps, Telkomsel 14,8 Mbps, danXL 23,64 MBps.  Sedangkan kekuatan uploadnya antara lain ; Indosat 11,34 Mbps, Smartfren 8,10 Mbps, Telkomsel 13,8 Mbps, dan XL 20,32 Mbps.

Internet cepat dukung kegiatan bisnis di Batam

Sebagaimana yang kami sampaikan tadi bahwa kawasan perkantoran di Batam, khususnya area Masjid Raya Batam, Islamic center, kantor DPRD dan pemerintahan kota Batam sudah berselimut 4G dan kinerjanya patut diacungi jempol.  (sg)

Liputan khusus drive test destinasi digital
Baca Juga:
Liputan khusus drive test destinasi digital