Destinasi Wisata Semarang

Jaringan 4G Smartfren ngejoss di 5 titik wisata

11:31:00 | 22 Sep 2018
Jaringan 4G Smartfren <i>ngejoss </i>di 5 titik wisata
Destinasi Wisata Lawang Sewu (dok)

SEMARANG (IndoTelko) – Perjalanan menyusuri kawasan Jawa Tengah dan sekitarnya kami lanjutkan di kota Semarang.  Setelah berada di kota Tegal selama dua hari, tim IndoTelko singgah di kota Semarang.

Bicara kota Semarang, tak bisa kita lupakan seabrek destinasi wisatanya.  Selain kuliner, Semarang juga dikenal dengan berbagai titik-titik atau kawasan wisata yang indah dan sayang untuk di lewatkan.  Ini yang menjadi alasan kami harus menetap selama 2 hari di kota ini. “Tak cukup satu hari untuk mengeksplore Semarang,” kata salah seorang anggota tim.

Lima destinasi wisata menjadi target utama yang akan kami kunjungi.  Kelimanya terdiri dari Masjid Agung, Brown Canyon, Kota Tua/Moseum 3D, Pantai Marina, dan Lawang Sewu.

Jaringan 4G Smartfren <i>ngejoss </i>di 5 titik wisata

Proses Uji

Keberadaan destinasi-destinasi wisata tersebut tak lengkap rasanya kalau tidak di cover oleh jaringan telekomunikasi yang andal terutama akses data.  “Sehabis jepret sana sini, biasanya kami upload foto ke IG,” kata Taty seorang wisatawan lokal asal Bandung yang kami temui. 

Menurutnya, eksis di sosmed merupakan aktifitas yang tidak bisa ditinggalkan.  “Wajib hukumnya main sosmed dan selfi-selfi,” katanya tegas.  Ia pun menuntut jaringan internet dari operator mampu mengakomodir kebutuhan wisatawan  sepertinya.

Coverage Smartfren

Kebutuhan Tuty inilah yang membuat Smartfren gencar menebar jaringan 4G nya di kawasan Semarang.  Bahkan wilayah Semarang ini menjadi kawasan terbaik bagi Smartfren untuk jaringan 4G+ nya.  

Kala kami mengintip coverage jaringan Smartfren, nampak jelas bahwa operator ini serius dalam menyuguhkan jaringan baik 4G hingga 4G+.

Di berbagai titik wisata yang kami tuju pun, Smartfren unjuk gigi dengan jaringannya yang stabil dan akses data yang super lancar.

Bicara biaya paket data, Smartfren pun menawarkan paket data yang tergolong murah dan beragam.  Baru-baru ini pun Smartfren kembali memanjakan pelanggan dan calon pelanggannya dengan menawarkan paket data unlimited. (baca : Super 4G Unlimite ala Smartfren) .

Penasaran dengan kekuatan akses data operator ini di lima titik wisata yang kami kunjungi, kami pun melakukan pengukuran kecepatannya.  

Berbekal dua layanan paket data dari Smartfren.  Yang pertama menggunakan iPhone 6 Plus dengan berlangganan paket data unlimited termurahnya, Rp. 65 ribuan per bulan. Paket unlimited ini memberikan benefit antara lain unlimited internet 24 jam, telepon sepuasnya ke smartfren, kecepatan full 4G sebesar 1Gb per hari.  

Perangkat koneksi selanjutnya adalah modem.  Modem tipe Mi Fi M5 dengan paket Smartplan jadi pilihan kedua untuk pengujian kekuatan jaringan Smartfren di kota ini.

Ini hasil uji di lima destinasi wisata yang kami lakukan pada Minggu-Senin, 26-27 Agustus 2018.

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid ini menjadi salah satu andalan wisata masyarakat Semarang dan sekitarnya.  Bahkan wisatawan dari luar Jawa Tengah pun penasaran dengan keindahan dan kemegahan masjid ini.

Kabar adanya payung yang bisa dibuka tutup ala masjid Nabawi di Madinah, membuat masyarakat ingin membuktikan dan melihatnya. Mungkin dalam pikiran mereka, sebelum ke Madinah bisa melihat keberadan payung tersebut di Semarang. 

Di kawasan ini kami melakukan uji dengan 3 aplikasi sekaligus.  Speedtest, Sensorly, dan n-Perf.  Ketiganya cukup membantu kami kala mengukur akses data baik unduh maupun upload.

Jaringan 4G Smartfren <i>ngejoss </i>di 5 titik wisata

Dengan Aplikasi SpeedTest, hasil uji nya terdiri dari kekuatan unduh 37,6 Mbps, upload 3,19 Mbps dengan ping 24 ms.  

Sementara hasil uji dengan Sensorly menunjukkan kekuatan unduhnya mencapai 17,2 Mbps, upload 1,3 Mbps, dengan ping 153 ms.

Pun dengan aplikasi nPerf, Smartfren cukup andal. Skor akhir yang didapat sebesar 45416 nPoints, dengan rincian kekutan unduh di 19,8 Mbps dan upload 5,59 Mbps.

Jaringan 4G Smartfren <i>ngejoss </i>di 5 titik wisata

Brown Canyon 

Tempat bernama Brown Canyon ini adalah merupakan proyek galian C yang sudah berumur 10 tahun lebih. Banyak masyarakat Semarang yang meraup rejeki dari galian pasir di kawasan ini.  

Sebenarnya Brown Canyon bukan tempat wisata melainkan perbukitan biasa.  Imbas dari penambangan pasir yang dilakukan setiap hari selama bertahun-tahun ahirnya berubah wujud seperti layaknya Green Canyon yang ada di Amerika.

Sangat indah bahkan membuat Brown Canyon ini jadi salah satu obyek wisata dan tempat yang terbaik bagi para pecinta fotografi. Keindahan tebing bak di luar negeri menjadi spot foto yang disukai oleh pengunjung.

Jaringan 4G Smartfren <i>ngejoss </i>di 5 titik wisata

Akses data Smartfren di kawasan ini pun tidak begitu mengecewakan. Kami tiba di lokasi ini pada pukul 14.50 Wib.  Cuaca yang cukup terik tak membuat kami mundur dalam melakukan pengujian jaringan kali ini.

Hasil nya adalah diperoleh kekuatan unduh Smartfren dengan aplikasi SpeedTest di angka 24,4 Mbps, upload 6,07 Mbps, dengan ping 19 ms.

Sedangkan pengujian dengan aplikasi Sensorly, tercatat kekuatan unduh Smartfren ada di angka 4,4 Mbps, upload 1,4 Mbps, dengan ping 92 ms.

Bisa dibilang kekuatan jaringan di kawasan ini berada di atas rata-rata dan sangat bisa diandalkan.  Hal ini kami raskaan dikala kami melakukan pemutara video di youtube termasuk melakukan upload ke sosial media.

Kota Tua/Moseum 3D

Tiba di kawasan ini pukul 16.55 Wib.  Suasana sore yang sangat bersahabat bagi kami kala menikmati keindahan arsitektur kota tua Semarang ini. Di kawasan ini pula terdapat museum 3D yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Banyak kaum milenial yang kongkow-kongkow di kawasan ini.  Betapa tidak, berbagai spot foto di sediakan oleh pihak pengelola bagi para pelancong yang datang.

Pun kekuatan jaringan dan akses data Smartfren tak mau kalah menyuguhkan kekuatan terbaiknya. 

Jaringan 4G Smartfren <i>ngejoss </i>di 5 titik wisata

Dengan aplikasi Speed Test tercatat kekuatan unduh Smartfren ada di angka 22,4 Mbps, upload 6,06 Mbps, dengan ping 14 ms. Kala digunakan untuk browsing dan upload-upload foto juga video, sama sekali tidak ada kendala, lancar-lancar saja.

Begitu pula hasil dari pengujian menggunakan Sensorly. Aplikasi ini menyodorkan bukti kekuatan unduh Smartfren di angka 25,3 Mbps dengan upload 6,0 Mbps dan ping 144 ms.

Juga nilai alias skor akhir pengujian dengan nPerf. Aplikasi ini memberikan bukti skor akhir smartfren di kawasan ini sebesar 54839 nPoints dengan rincian kekuatan unduh di 40,7 Mbps, upload 2,30 Mbps, dengan ping 62 ms.

Jaringan 4G Smartfren <i>ngejoss </i>di 5 titik wisata

Pantai Marina

Area Pantai Marina yang juga merupakan pemukiman alias komplek elit ala Taman Impian Jaya Ancol, kami kunjungi pada sore menjelang matahari terbenam.  Aktifitas wisatawan di sore itu cukup ramai, terutama para penghobi memancing.

Tak sekedar memancing, tak sedikit wisatawan yang hanya sekedar menikmati jajajan yang ada di kawasan ini sambil menikmati matahari terbenam.

Dalam pengujian di Pantai Marina ini, kami hanya menggunakan dua aplikasi uji, yakni SpeedTest dan Sensorly.  Hasilnya cukup baik.  Akses unduh dengan Speed test mencapai 32,3 Mbps, upload 1,42 Mbps, dengan ping 18 ms.

Jaringan 4G Smartfren <i>ngejoss </i>di 5 titik wisata

Juga dengan aplikasi Sensorly.  Haisl uji kekuatan unduh Smartfren ada di angka 16,1 Mbps dan upload 12,3 Mbps dengan Ping 77 ms.

Lawang Sewu

Ini destinasi wisata terakhir yang kami kunjungi. Karena hari sudah larut, kami memutuskan melakukan pengujian jaringan di Lawang Sewu keesokan harinya.  Tepat pada Senin, 27 Agustus 2018 pukul 10.40 kami mulai melakukan pengujian.  

Ada dua aplikasi yang kami pakai.  Speedtest dan n-Perf.  Kedua aplikasi ini menyuguhkan hasil uji yang sangat baik. 

Kecepatan unduh dengan  SpeedTest mencapai 24,5 Mbps, upload 3,3Mbps, dengan ping 159 ms.

Jaringan 4G Smartfren <i>ngejoss </i>di 5 titik wisata

Sedangkan aplikasi uji nPerf menghasilkan kekuatan unduh Smartfren di angka 34,4 Mbps, upload 2,69 Mbps, dan ping 54 ms. Sementara skor akhir uji dengan nPerf mencapai  49497 nPoints.

Jaringan 4G Smartfren <i>ngejoss </i>di 5 titik wisata

Secara umum bisa ditarik kesimpulan bahwa di berbagai destinasi wisata kota Semarang, Smartfren menunjukkan kekuatan akses data yang baik.  Ini bentuk dari dukungan Smartfren terhadap kemajuan sektor pariwisata yang ditargetkan oleh kementerian pariwisata mencapai 19 juta wisman tahun ini.  (sg)

 

Baca Juga: