Jaringan 4G maksimal di Pandanaran

10:52:00 | 20 Apr 2018
Jaringan 4G maksimal di Pandanaran
Lawang Sewu, Semarang (dok)

SEMARANG (IndoTelko) - Bagi Anda yg berkunjung ke Semarang, belum sempurna rasanya kalau tidak berkunjung ke kawasan ini. Kawasan Pandanaran, pusat oleh-oleh khas Semarang.

Kami pun demikian. Usai menghabiskan waktu ber kulineran di Pasar Karetan, kami menyempatkan untuk mencari buah tangan untuk di bawa pulang.

Pusat oleh-oleh yang paling di kenal masyarakat adalah Bandeng Juwana. Lokasinya berada di sebelah kiri apabila kita datang dari arah Simpang Lima.

Strategis hingga bandara

Tak jauh dari kawasan Pandanaran, kita juga bisa berkunjung ke Lawang Sewu. Salah satu destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Apalagi bagi wisatawan yang masih memeliki waktu sebelum terbang via Bandara Ahmad Yani.

Tak perlu khawatir bagi Anda yang akan meninggalkan Semarang lewat transportasi udara. Pasalnya jarak antara kawasan Pandanaran dan atau Lawang Sewu ke bandara sangat dekat. Hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 20 menit. Itu pun dalam kondisi macet.

Kembali ke oleh-oleh khas Semarang.  Kota ini menawarkan banyak sekali oleh-oleh yang bisa dibawa pulang. Selain bandeng presto yang sudah sangat dikenal, juga ada Lumpia, tahu bakso, dan wingko babat.

Jaringan telekomunikasi

Sebagai kawasan yang selalu ramai, baik oleh kesibukan masyarakat Semarang sendiri dan juga wisatawan dari luar kota, Pandanaran sangat membutuhkan jaringan telekomunikasi yang mumpuni.

Akses telekomunikasi selain voice adalah data. Nah, di Panandaran khususnya toko oleh-oleh Bandeng Juwana, lima operator seluler sudah memberikan layanan terbaiknya.

Kelimanya Indosat, Smartfren, Telkomsel, Tri, dan XL sama-sama sudah menebar jaringan 4G nya.  

Kami berkesempatan melakukan pengujian seberapa kuat akses data yang disuguhkan kelimanya.  Proses uji dilakukan pada Sabtu, 31 Maret 2018 pukul 07.30 Wib. Ponsel yang kami gunakan terdiri dari Lenovo P2 Turbo, Asus Zenfone 4 Max, Asus Zenfone 4 Max Pro, Huawei Nova 2i, dan iphone 7 plus. 

Aplikasi atau mesin uji yang kami gunakan adalah Speed Test yang menjadi aplikasi standar yang lebih dominan kami gunakan dalam setiap pengujian.  Walaupun kadang kami sesekali menggunakan aplikasi penguji Sensorly dan nPerf.

Hasilnya jaringan di tiga besar operator, Indosat, Telkomsel, dan XL tergolong baik.  XL mendominasi dengan akses data unduh mencapai 32,0 Mbps dan upload sebesar 12,3 Mbps dengan Ping 40 ms.  Di susul Telkomsel dengan kekuatan unduh dan upload serta ping 20,5 Mbps,  2,97 Mbps, dan  Ping 42 ms.  Sedangkan Indosat punya kekuatan unduh 11,4 Mbps dan upload sebesar 26,4 Mbps dengan  Ping 47 ms .

Jaringan 4G maksimal di Pandanaran

The Big 3

Ketiga operator memberikan jaringan yang sangat stabil. Membuka youtube dan video call berjalan dengan baik dan lancar.

Sementara dua operator lainnya, Smartfren dan Tri punya kekuatan yang tak kalah jitu.  Terutama jaringan milik Smartfren yang mampu melampaui kekuatan milik Indosat. Smartfren punya kekuatan unduh hingga 15,1 Mbps dan upload  6,31 Mbps dengan Ping 54ms.  Sedangkan Tri punya kekuatan unduh, upload dan ping sebesar 3,07 Mbps,   7,35 Mbps, dan  Ping 52 ms.

Jaringan 4G maksimal di Pandanaran

Kami menarik kesimpulan untuk hasil uji di kawasan Pandanaran, Lawang Sewu dan sekitarnya bahwa kelima operator memberikan layanan yang cukup baik. 

Setelah kami mendapatkan oleh-oleh untuk di bawa pulang. Kami pun segera menuju Bandara Ahmad Yani untuk terbang ke Jakarta.  Sebelumnya tentu saja kami tidak akan melewatkan untuk kembali mengukur kekuatan jaringan di bandara kebanggaan masyarakat Jawa tengah ini khusnya Semarang. (sg)   

Liputan khusus drive test destinasi digital
Baca Juga:
Liputan khusus drive test destinasi digital