Indosat siapkan jaringan di Jawa hadapi pemudik

13:28:58 | 16 May 2018
Indosat siapkan jaringan di Jawa hadapi pemudik
Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo Dejan Kastelic.(dok)

JAKARTA (IndoTelko) – PT Indosat Tbk (ISAT) atau Indosat Ooredoo memastikan jaringannya siap menghadapi lonjakan trafik selama Ramadan 2018.

Indosat Ooredoo mempersiapkan layanannya dengan melakukan peningkatan kapasitas jaringan, pemantauan kualitas jaringan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (iNOC), Command Center jaringan, serta berbagai paket khusus Ramadhan dan Lebaran bagi pelanggan.

Khusus untuk kesiapan jaringan telekomunikasinya, ditunjukkan melalui kegiatan uji jaringan (network drive test) yang dilakukan di salah satu jalur mudik dan kota tujuan mudik di Jawa Tengah, yaitu jalur Semarang-Demak-Kudus. Uji jaringan ini untuk menunjukkan secara langsung kondisi kualitas sinyal dan kecepatan akses data yang bisa dinikmati pelanggan khususnya selama masa Ramadhan dan kegiatan mudik di salah satu jalur Pantura terpadat tersebut.

Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo Dejan Kastelic mengungkapkan dalam beberapa bulan terakhir, perseroan telah melakukan refarming frekuensi 1800 MHz dan mengaktivasi spektrum baru di 2100 MHz untuk mendukung cakupan 4G agar bisa menghadirkan kecepatan akses internet lebih di wilayah-wilayah penting.

"Tim teknis jaringan kami juga akan memonitor site-site penting dan melakukan tindakan yang diperlukan untuk memastikan pelanggan merasakan performansi jaringan secara optimal,” katanya dalam keterangan Rabu (17/5).

Mengantisipasi peningkatkan trafik telekomunikasi selama Ramadan, mudik dan perayaan Lebaran, Indosat Ooredoo telah menyiapkan kapasitas jaringannya baik untuk data, suara maupun SMS. Untuk kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 11.394 TeraByte/hari, untuk memenuhi puncak kenaikan trafik data yang diprediksi meningkat sebesar 83,7% dibandingkan tahun lalu.

Sementara itu, untuk kapasitas suara ditingkatkan menjadi 37,49 juta Erlang/hari dan kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,01 milyar SMS/hari, dimana kedua kapasitas ini juga sudah disiapkan melampaui dari prediksi trafik tertinggi yang mungkin terjadi.

Tidak hanya meningkatkan kapasitas jaringan, kondisi jaringan telekomunikasi juga dipantau selama Ramadhan dan Mudik Lebaran melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (i- NOC) sebagai pusat monitoring seluruh jaringan secara nasional.

Monitoring jaringan secara lebih intensif juga dilakukan melalui Command Center yang akan beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah masa Mudik Lebaran untuk mengidentifikasi secara proaktif melalui tim Performance Monitoring bahkan sebelum sebuah gangguan berimbas bagi pelanggan, dan secara reaktif melalui tim Customer Service sehingga bila ada kendala dapat diselesaikan sesegera mungkin.

Uji Jaringan
Membuktikan kesiapan jaringan di sepanjang jalur dan kota mudik, Indosat Ooredoo melakukan uji jaringan di kota dan jalur mudik Semarang-Demak-Kudus. Seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya, Semarang, Demak dan Kudus merupakan 3 kota tujuan mudik padat di Jawa Tengah, dimana jalur yang menghubungkan ketiga kota tersebut merupakan bagian dari jalur Pantura yang juga menjadi jalur mudik padat di pesisir utara Jawa Tengah menuju Jawa Timur.

Ketiga kota juga memiliki berbagai obyek wisata religius yang menjadi tujuan wisata selama masa Ramadhan dan Lebaran.

Dalam uji jaringan tersebut, diperoleh coverage 4G secara kontinyu di sepanjang rute Semarang-Demak-Kudus. Selain itu juga dicoba berbagai aktivitas layanan yang biasa dilakukan pelanggan seperti download, live streaming, YouTube, dan video call.

Dari hasil pengetesan menunjukkan bahwa sepanjang rute drive test aktivitas streaming berjalan dengan baik dan tanpa buffering. Dalam kegiatan ini kecepatan maksimal download mencapai 39,74 Mbps dengan rata-rata kecepatan download 8,09 Mbps. Khusus di beberapa titik keramaian kota tujuan mudik diperoleh kecepatan download hingga 107,70 Mbps (Simpang Lima Semarang), 86,98 Mbps (Masjid Agung Demak), 97,17 Mbps (Museum Kretek Kudus).

Selama uji jaringan Indosat juga dilakukan pengetesan kualitas suara (voice) dengan metode pengukuran MOS (Mean Opinion Score) yang menunjukkan bahwa 96,83% area yang diukur menunjukkan hasil di tingkat excellent (maksimum skor dimana nilai MOS 4-5).

Rentang penilaian metode pengukuran MOS sendiri adalah 1-5, di mana angka 5 menunjukkan hasil excellent. Hasil ini sekaligus menunjukkan bahwa kualitas suara layanan Indosat Ooredoo berada pada tingkat terbaik.(wn)

Liputan khusus drive test destinasi digital
Baca Juga:
Liputan khusus drive test destinasi digital