Network Drive Test

Akses data 4G Smartfren ngacir di Magelang

12:05:00 | 30 Sep 2018
Akses data 4G Smartfren <i>ngacir </i>di Magelang
Salah satu titik uji (dok)

MAGELANG (IndoTelko) – Bersamaan dengan pengujian akses data di kawasan wisata Magelang, Tim IndoTelko pun menjatuhkan titik uji di beberapa posisi strategis di kota berudara dingin ini.

Ada 4 titik uji di daerah vital yang jadi target uji.  Terminal Tidar, alun-alun, Akademi Militer (Akmil), dan kantor walikota.  Satu titik uji yakni Alun-alun, untuk kedua kalinya kami uji.  Sebelumnya pada malam hari yakni saat pertama kali kami tiba dari kota Yogyakarta.  

Perangkat uji

Seperti di lokasi sebelumnya, proses uji di kawasan kota Magelang juga menggunakan dua paket data Smartfren.  Adalah paket data yang tergolong murah dan unlimited. Baru-baru ini pun Smartfren kembali memanjakan pelanggan dan calon pelanggannya dengan menawarkan paket data unlimited. (baca : Super 4G Unlimited ala Smartfren) .

Akses data 4G Smartfren <i>ngacir </i>di Magelang

Proses Uji 

Berbekal dua layanan paket data dari Smartfren, kami mulai menyusuri kota Solo. Paket pertama menggunakan iPhone 6 Plus dengan berlangganan paket data unlimited termurahnya, Rp. 65 ribuan per bulan. Paket unlimited ini memberikan benefit antara lain unlimited internet 24 jam, telepon sepuasnya ke smartfren, kecepatan full 4G sebesar 1Gb per hari.  

Perangkat koneksi selanjutnya adalah modem.  Modem tipe Mi Fi M5 dengan paket Smartplan jadi pilihan kedua untuk pengujian kekuatan jaringan Smartfren di kota ini.

Area dan hasil

Titik pertama yang kami kunjungi adalah Terminal Tidar.  Terminal terbesar di Magelang ini merupakan terminal antar kota sebagai titik awal masyarakat untuk menikmati fasilitas transportasi umum bus dan angkutan kota.

Aplikasi uji yang digunakan dalam pengujian di terminal ini adalah SpeedTest dan nperf.  Pengujian di lakukan pada Jumat/31 Agustus 2018 pukul 09.38 Wib.

Akses data 4G Smartfren <i>ngacir </i>di Magelang

Hasilnya terlihat dalam aplikasi SpeedTest bahwa kekuatan donwload smartfren mencapai angka 43,5 Mbps, upload 3,16 Mbps, dengan ping 20 ms.

Tak jauh berbeda kala kami menggunakan mensin uji n-Perf. Pengujian sevara keseluruhan Smartfren baik browser, video streaming, download, dan upload menunjukkan kekuatan yang bisa diandalkan.

Smartfren punya daya sedot alias download mencapai kecepatan 42,5, upload 4,69, dengan ping 31.  Sedangkan skor akhir yang didapat adalah 60285 nPoints.

Akses data 4G Smartfren <i>ngacir </i>di Magelang

Bergeser ke Alun-alun.  Pengujian kedua di lokasi alun-alun mendapatkan hasil kecepatan yang berbeda.  Saat diuji pada malam hari, hasilnya maksimal di angka 31 Mbps.  (Baca : Smartfren dukung destinasi wisata).

Di pagi hari, tepatnya pukul 10.15 Wib, mesin speedtest yang kami gunakan menunjukkan akses kekuatan donwload Smartfren mendapai angka tertinggi 76,5 Mbps, upload 6,25 Mbps, dengan ping 15 ms.  

Pun hasil pengujian dengan nPerf termasuk baik. Kekuatan download nya diangka paling tinggi 40,7 Mbps, upload 6,04 Mbps, ping 54 ms, dengan skor akhir 62402 nPoints.

Akses data 4G Smartfren <i>ngacir </i>di Magelang

Menjelang kami menjalankan ibadah shalat Jumat, kami singgah di kawasan kawah candradimuka pendidikan militer atau yang dikenal sebagai Akademi Militer.  Di kawasan ini kami menggunakan dua mesin uji SpeedTest dan Sensorly.  

Hasil uji dengan dua aplikasi ini teridir dari kekuatan unduh sebesar 5,51 Mbps  dengan Speedtest dan 4,8 Mbps dengan Sensorly.  Kekuatan uploadnya terdiri dari 3,36 Mbps dan 3,3 Mbps.

Akses data 4G Smartfren <i>ngacir </i>di Magelang

Titik uji terakhir adalah kantor Walikota Magelang. Sambil makan siang dfan beristirahat, kami melakukan pengujian di kawasan pusat pemerintahan Magelang. Dua aplikasi uji yakni SpeedTest dan Sensorly adalah aplikasi uji yang kami gunakan.

Pengujian di lakukan pada pukul 13.05 Wib.  Berikut hasil pengujiannya :   

SpeedTest berkekuatan download 11,7 Mbps, upload 3,73 Mbps, dan ping 15 ms.  Selanjutnya pengujian dengan Sensorly.  Kekuatan download  mencapai angka 17,3 Mbps, upload           3,8 Mbps, dengan ping 151 ms.

Akses data 4G Smartfren <i>ngacir </i>di Magelang

Dari 4 titik uji yang ada, terlihat di dua titik yakni Terminal Tidar dan alun-alun menunjukkan hasil yang memuaskan.  Secara umum Smartfren memang sudah memberikan layanan maksimal di kawasan Kota Magelang, termasuk menebar sinyal 4G plus nya. (sg)           

Baca Juga: