Drive test di kawasan Strategis

Tangguhnya 4G Smartfren di Brebes dan Tegal

06:50:00 | 06 Sep 2018
Tangguhnya 4G Smartfren di Brebes dan Tegal
Hasil uji dalam angka(dok)

BREBES-TEGAL (IndoTelko) – Menawarkan layanan paket data unlimited super murah, Smartfren makin pede dengan jaringan 4G yang stabil. Kekuatan akses data operator ini tergolong merata di berbagai lokasi terutama Jabodetabek.

Tim IndoTelko berkesempatan melakukan uji kekuatan akses data di berbagai kota di kawasan Jawa Tengah dan sekitarnya.  Ada lima titik yang manjadi basis uji yang kami lakukan. 

Berharap hasil yang baik, kami menggunakan 3 aplikasi sekaligus untuk proses uji.  Speedtest, Sensorly, dan nPerf.  Perangkat uji yang kami lakukan adalah iPhone 6 Plus.  Sementara paket data yang kami gunakan adalah unlimited berbandrol 60 ribuan.

Paket ini merupakan paket promo Smartfren yang sangat menarik dan murah.  Dengan hanya 60 ribuan, kita sudah mendapatkan paket data bernilai 1 Gb perhari dengan kecepatan maksimal.  

Tangguhnya 4G Smartfren di Brebes dan Tegal

Poses uji di monumen telor asin, Brebes

Titik uji

Kali ini perjalanan kami di awali dengan persinggahan di titik pertama pengujian.  Adalah Brebes dan Tegal.  Dua kota ini kami jadikan sebagai satu target destinasi gabungan lantaran memang letaknya bersebelahan.  Hanya berselisih belasan kilometer saja antar keduanya.

Kami membagi titik uji dalam dua kategori.  Pengujian pertama kami lakukan di titik-titik penting yang menyangkut layanan umum dan pusat perkantoran.  Titik-titik ini mencakup alun-alun, rumah dinas pejabat Bupati/walikota dan atau kantor pemerintahan, stasiun terminal, dan sejenisnya.

Kali ini 4 titik uji kami jadikan sasaran.  Keempatnya terdiri dari Rumah dinas Bupati Brebes yang juga berdekatan dengan alun-alun, perbatasan kota Brebes dan Tegal tepatnya di SPBU Kaligangsa, Terminal A kota Tegal, dan alun-alun kota Tegal yang juga berdekatan dengan kantor Walikota Tegal.

Tangguh di jalur 4G

Empat titik uji ini menghasilkan kecepatan akses data Smartfren yang snagat baik.  Menggunakan aplikasi Speedtest, angka unduh empat titik ini ada di kisaran 11 hingga 25 Mbps.  Sedangkan kekuatan uploadnya hanya di kisaran 2,63 hingga 12,5 Mbps.  

Sementara pengujian dengan Sensorly menunjukkan kekuatan unduh operator ini berkisar 4 hingga 30 Mbps.  Lalu kekuatan uploadnya ada di angka 1,3 hingga 8,8 Mbps.  

Selanjutnya pengujian dengan nPerf.  Hanya tiga titik yang bisa kami uji dengan aplikasi ini. Titik uji Terminal A kota Tegal, aplikasi nPerf tidak mampu menangkap server dengan baik.  Alhasil aplikasi ini tidak berjalan maksimal di nPerf.  Hasil ujinya ada di kisaran unduh 2,3 hingga 52 Mbps, dan upload 2,85 hingga 11,5 Mbps.

Pengujian jaringan ini kami lakukan pada Jumat, 24 Agustus 2018.  Indikator sinyal 4G operator ini manteng terus hingga memasuki kota Brebes. Nampak pada map di aplikasi nperf yang merupakan salah satu aplikasi yang kami gunakan menunjukkan warna orange yang berarti jaringan 4G yang ditangkap. 

Bahkan kala mencapai alun-alun Brebes yang juga dekat dengan rumah dinas bupati menunjukkan indikator sinyal 4G+ dengan warna indikator merah.  Akses data di lingkaran area merahnya Smartfren ini makin kencang.  Pun saat masuk Alun-alun kota Tegal, warna merah juga menyelimuti area ini.  Wajar apabila hasil uji di kawasan ini paling baik.  (sg)

Liputan khusus drive test destinasi digital
Baca Juga:
Liputan khusus drive test destinasi digital