Uji Jaringan di Solo

4G+ Smartfren layani warga Solo

09:12:00 | 24 Sep 2018
4G+ Smartfren layani warga Solo
Pengujian jaringan di Kraton Solo (dok)

SOLO (IndoTelko) – Melanjutkan pengujian jaringan di kawasan Jawa Tengah, Solo, Yogyakarta, Magelang, dan sekitarnya, Tim IndoTelko tiba d kota Solo.

Tepat pada hari Senin, 27 Agustus 2018 sore hari kami menginjakkan kaki di tanah kelahiran Presiden Joko Widodo ini.

Kala masuk ke kota ini, kami memantau sinyal 4G Smartfren cukup stabil bahkan di beberapa bagian kota sudah tercover jaringan 4G+.  

Setelah beristirahat satu hari, keesokan harinya kami melanjutkan pengujian jaringan Smartfren di kurang lebih 11 titik uji.  Kami mengelompokkannya dalam 2 kelompok yang terdiri dari destinasi wisata dan titik strategis kota Solo.

Tahapan awal adalah pengujian di kawasan wisata solo. Ada 5 titik wisata yang kami pilih sekaligus menjadi titik uji.  Kelimanya terdiri dari Kraton Kasunanan, Monumen Pers, Taman Sriwedari/Museum Batik, Kampung Batik Kauman, dan The Park.

Proses uji yang kami lakukan dengan beberapa paket data yang ditawarkan Smartfren.  Tentunya paket data yang tergolong murah dan unlimited. Baru-baru ini pun Smartfren kembali memanjakan pelanggan dan calon pelanggannya dengan menawarkan paket data unlimited. (baca : Super 4G Unlimited ala Smartfren) .

Berbekal dua layanan paket data dari Smartfren, kami mulai menyusuri kota Solo. Paket pertama menggunakan iPhone 6 Plus dengan berlangganan paket data unlimited termurahnya, Rp. 65 ribuan per bulan. Paket unlimited ini memberikan benefit antara lain unlimited internet 24 jam, telepon sepuasnya ke smartfren, kecepatan full 4G sebesar 1Gb per hari.  

Perangkat koneksi selanjutnya adalah modem.  Modem tipe Mi Fi M5 dengan paket Smartplan jadi pilihan kedua untuk pengujian kekuatan jaringan Smartfren di kota ini.

Proses uji dan hasil

Pengujian kami lakukan pada Selasa, 28 Agustus 2018. 

Titik uji yang pertama adalah Kraton Kasunanan.  Kawasan ini merupakan tempat tinggal raja Solo berikut abdi dalemnya.  Dekat kawasan ini pula terdapat pasar Klewer yang merupakan pasar batik terbesar di Indonesia.

Proses uji di Kraton ini kami mulai pada kisaran pukul 12.18 Wib.  Pengujian menggunakan aplikasi SpeedTest dan Sensorly.  

Kedua aplikasi ini menunjukkan hasil yang nyaris sama. Misalkan saja kekuatan unduhnya. Baik SpeedTest maupun Sensorly sama-sama menghasilkan angka unduh masing-masing di 27,8 Mbps dan 27,2 Mbps. Sementara kekuatan uploadnya di kisaran 1,78 Mbps dan 2,3 Mbps.

4G+ Smartfren layani warga Solo

Dalam proses uji di Kraton Solo ini pun kami sempat memutar video youtube sambil menyeruput minuman es dawet yang di jajakan pedagang di bawah pohon rindang persis di depan kraton.

Pengujian selanjutnya kami lakukan di Monumen Pers. Ini salah satu titik wisata masyarakat Solo yang murah meriah.  Tiba di kawasan ini pada pukul 13.47 dan kami pun langsung melakukan pengujian.

Sebelum menguji kecepatan akses data di sini, kami sempat mengintip sinyal apa yang disediakan Smartfren untuk kawasan ini.  Dan ternyata coverage berwarna merah dari aplikasi nPerf yang kami gunakan begitu dominan.  Merah yang menunjukkan indikator jaringan 4G+ menyelimutai kawasan monumen pers dan sekitarnya.

4G+ Smartfren layani warga Solo

Kami pun penasaran dengan kekuatan akses data di bawah “payung” 4G+ ini.  Benar saja. Akses unduh data di kawasan ini sangat menakjubkan.  Super cepat bahkan di atas rata-rata.  

Hasil pengujian dengan SpeedTest menunjukkan kekuatan unduh Smartfren mencapai angka 50,3 Mbps dan upload 5,66 Mbps.  Pun dengan aplikasi nPerf, kekuatan unduhnya mencapai angka 44,3 Mbps dengan daya upload di 7,81 Mbps.  

4G+ Smartfren layani warga Solo

Di kawasan The Park pun tak kalah kencang.  Kami mengunjungi pusat perbelanjaan terbesar di Solo.  The Park Mall yang terletak di pinggiran kota Solo tepatnya Solo baru.  

Angka unduh di The park dengan aplikasi SpeedTest dan Sensorly mencapai angka masing-masing 20,5 Mbps dan 20,8 Mbps.  Kekuatan uploadnya di angka 1,65 Mbps, dan 2,7 Mbps.

4G+ Smartfren layani warga Solo

 

Berikut hasil secara keseluruhan pengujian jaringan di 5 titik destinasi wisata di kota Solo : 

4G+ Smartfren layani warga Solo

Baca Juga: