Ini cara Telkom bantu UMKM di Sumbar

21:16:04 | 15 Mar 2018
Ini cara Telkom bantu UMKM di Sumbar
GM Witel Telkom Sumbar Sulkan.(dok)

JAKARTA (IndoTelko) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) telah mengucurkan dana sebesar Rp1,499 miliar sepanjang triwulan I 2018 untuk memberdayakan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan peternakan melalui Program kemitraan di Sumatera Barat (Sumbar).

"Dana tersebut diberikan kepada  42 Mitra Binaan berasal dari 9 kabupaten/kota di Sumatera Barat," ungkap GM Witel Telkom Sumbar Sulkan dalam rilisnya, (15/3).

Dikatakannya, sejak tahun 2002 sampai dengan sekarang, Telkom secara rutin dan konsisten  setiap triwulan selalu menggelontorkan  dana bantuan dalam membantu pemberdayaan UMKM. Total dana yang disalurkan mulai tahun 2002 untuk Wilayah Sumatera Barat sudah lebih dari Rp 3,703 miliar.

Dana ini diharapkan mampu meningkatkan dan menggairahkan  pertumbuhan ekonomi Sumbar melalui pergerakan UMKM yang berdampak pada  pertambahan lapangan kerja, akan semakin terbuka dan akhirnya diharapkan mampu untuk meningkatkan kesejahteraan pemilik dan karyawannya.

Menurutnya, persoalan yang paling krusial untuk mengentaskan atau meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah kurangnya keterampilan dan terbatasnya modal.

Telkom sebagai  Perusahaan Telekomunikasi Merah-Putih yang  menyadari tanggung jawab sosialnya dan menunjukan peran Good Corporate Citizenship (GCC) melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan.

Program Kemitraan dimaksud adalah menggelontorkan dana pinjaman lunak dengan jangka waktu pinjaman selama 2 tahun dan  jasa administrasi hanya 3% pertahun anuitas (menurun)  setiap awal tahun biaya administrasi dihitung lagi dari  saldo Piutang, yang diperuntukkan untuk memodali atau menambah modal UMKM setempat.

Sementara Program Bina Lingkungan diwujudkan dalam bentuk mengadakan pelatihan-pelatihan, bantuan Sarana  pendidikan, perbaikan/pembuatan sarana umum dan ibadah, bantuan untuk korban bencana alam (penyediaan bahan makanan pokok, pengobatan) dan pembinaan lingkungaan hidup.

Ini cara Telkom bantu UMKM di Sumbar

Pelaku UMKM mengikuti program PKBL dari Telkom di Sumbar

Untuk program Bina Lingkungan sampai saat ini Telkom Sumbar sudah menggelontorkan total dana sebesar Rp 10.6 miliar.

Lebih lanjut dijelaskannya, Program kemitraan ini adalah penyediaan dana bergulir. Artinya hasil pengembalian dana ini akan digulirkan lagi bagi UMKM lain yang membutuhkan untuk mengembangkan usahanya.

"Kami harapkan para mitra binaan diharapkan serius mengembangkan bidang usahanya dan rutin melakukan pembayaran cicilannya," katanya.(ad)

telkom DBS / liputan khusus
Baca Juga:
telkom DBS / liputan khusus
telkom DBS / liputan khusus
More Stories
telkom DBS / liputan khusus
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

telkom DBS / liputan khusus