Telkom sudah bangun 41 RKB

04:13:25 | 07 Aug 2018
Telkom sudah bangun 41 RKB
Pelaku UKM di RKB milik Telkom.(ist)

JAKARTA (IndoTelko) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mengungkapkan telah membangun 41 Rumah Kreatif BUMN (RKB) sebagai wujud membawa pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Go digital dan go global.

"Sejauh ini kita sudah ada 41 titik RKB, kalau 10 BUMN yang aktif membangun sudah ada 206 RKB," ungkap Senior Manager RKB Telkom Sabri Rasyid kepada IndoTelko, kemarin.

Diungkapkannya, RKB Telkom di Pekalongan baru saja mengajak pelaku UKM untuk berkembang Bersama melalui ekosistem inti plasma.

Berdiri dari sejak tahun 2017, RKB Pekalongan yang bertempat di Jalan Merak no.2, telah membina sekitar 152 UKM.

RKB adalah inisiatif Kementerian BUMN dalam rangka mewujudkan UKM Indonesia Berkualitas. Hal ini dicapai melalui pembinaan dengan level Go Modern, Go Digital, dan Go Online.

Terdapat 3 sektor UMKM yang menjadi fokus pembinaan, yaitu food, fashion, dan craft.

Salah satu misi RKB adalah mewujudkan visi Presiden RI, Joko Widodo, yaitu Indonesia sebagai ekonomi digital terbesar di Asia. General Manager Witel Pekalongan, Bapak Nanang Setiyo Utomo, juga sangat mendukung keberadaan RKB untuk secara berkelanjutan mengembangkan UMKM sekitar.

Pengembangan UMKM melalui Ekosistem kemitraan Inti-Plasma, merupakan salah satu solusi yang ditawarkan RKB Pekalongan. Pola Inti-plasma ini melibatkan UMKM yang telah sukses merambah pasar sebagai inti yang membina dan mengembangkan plasmanya, dalam hal ini adalah usaha kecil dan menengah.

Saat ini, telah ada 5 UMKM Pekalongan yang bergabung menjadi inti, yaitu Batik Kampus, Hamid Ridwan Craft, Fariz Craft, GMB & Co AR Jeans, dan Batik Bulan. Setiap UMKM Inti disupport oleh 5-10 UMKM plasma.

"Dengan Inti-Plasma, pembinaan UKM dapat dilakukan dalam suatu ekosistem yang sama. Sehingga diharapkan bisnis inti maupun plasma bisa maju dan berkembang Bersama," pungkas Sabri.(ad)

telkom DBS / liputan khusus
Baca Juga:
telkom DBS / liputan khusus
telkom DBS / liputan khusus
More Stories
telkom DBS / liputan khusus
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

telkom DBS / liputan khusus